Beranda Pangandaran Perusahaan Harus Miliki APAR

Perusahaan Harus Miliki APAR

72
BERBAGI
SIMULASI. Seorang relawan damkar sedang mempraktikkan cara penanganan api dengan APAR. (Nana Suryana / radartasikmalaya.com)

PARIGI – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran mengingatkan setiap perusahaan untuk menyediakan alat pemadam api ringan (APAR). Hal ini menyikapi banyaknya tempat usaha yang mengalami kebakaran.

Manager Pusdalops Penanggulangan Bencana (PB) Kabupaten Pangandaran Nana Sukarna mengatakan beberapa kali kasus kebakaran besar di Kabupaten Pangandaran terjadi karena keterlambatan penanganan kebakaran saat api masih dalam skala kecil.

“Ternyata masih banyak perusahaan yang tidak punya APAR. Contohnya peristiwa kebakaran yang terjadi di pabrik minyak kelapa, perusahaan bus dan pabrik sabut kelapa. Bahkan ada yang tidak sama sekali menyiapkan APAR. Yang ada APAR-nya pun isinya kosong,” ungkapnya kepada Radar, Selasa (3/4).

Pihaknya akan terus menyosialisasikan pentingnya ketersediaan peralatan pemadam kebakaran sebagai antisipasi atau pencegahan dini.

“Kita mengimbau para pengusaha untuk secara bertahap melengkapi APAR,” ungkapnya.

Dia berharap dengan pencegahan dini, kerugian akibat kebakaran dapat diminimalkan.

“Ketersediaan air yang cukup di tempat usaha juga sangat penting,” ujarnya.

Selain itu, Nana menjelaskan APAR itu juga harus dicek secara berkala.

“Setahun sekali harus diperiksa. Ini dilakukan agar APAR tersebut bisa diketahui berfungsi atau tidak,” jelas dia. (nay)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.