Pesan Palsu Catut Nama Mahfud MD

313
0

Nama Prof Moh. Mahfud MD dicatut untuk menguatkan penyebaran informasi palsu. Melalui pesan singkat, nama Mahfud dipakai untuk menghubungi seseorang. Sangat mungkin tujuan penyebaran hoax itu adalah penipuan lewat ATM.
Pesan tersebut terkait dengan kegiatan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang seolah-olah mengundang Mahfud MD sebagai pembicara. Sasaran pesan adalah Ketua DPW IKA UII Jawa Timur M. Tasrifin.
Tasrifin diminta mendampingi Mahfud sekaligus menghubungi panitia untuk mencairkan dana transpor Rp 5 juta. Hoax itu memang ditujukan kepada Tasrifin, tetapi sudah menyebar, khususnya ke sejumlah pengurus IKA UII.
Tentu saja Tasrifin tidak percaya jika pesan itu berasal dari Mahfud MD. Banyak kejanggalan di dalamnya. Yang utama, nomor penyebar pesan tersebut bukan milik Mahfud MD. Dia juga meyakini Mahfud MD tidak akan melakukan hal seperti yang tertulis dalam pesan singkat tersebut. ”Saya secara pribadi kenal dengan Prof Mahfud,” katanya.
Pria yang juga dosen dan konsultan itu berusaha mengonfirmasi ke nomor yang disebut sebagai Prof Mulyono sebagaimana tertera di pesan tersebut. Pemegang nomor itu menyebut banyak yang menghubunginya terkait pesan yang sama. ”Itu orang iseng,” kata Tasrifin menirukan ucapannya.
Sementara itu, Mahfud MD menegaskan bahwa dirinya tidak memiliki acara dengan Dikti. Bahkan, dia sempat bertanya balik tentang acara tersebut dan kapan waktunya. ”Itu penipuan. Tidak ada acara dengan Dikti,” jelasnya. (eko/gun/c6/fat)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.