Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Pesatnya Perkembangan Zaman, Ini Kondisi Angkot Sekarang

95
0

CIHIDEUNG – Pesatnya perkembangan zaman terlebih teknologi yang cepat berubah dan maju, ternyata dibarengi adanya pihak yang “tersisihkan”.

Di dunia angkutan umum misalnya. Dari 1.003 angkutan kota (angkot) yang tercatat di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya, kini hanya tinggal 811 yang memperpanjang izin trayek.

Diduga jumlah angkot yang beroperasi di lapangan semakin berkurang.

Kabid Angkutan Dishub Kota Tasikmalaya Heri Alansori tidak bisa memastikan angkot yang tidak melakukan perpanjangan masih beroperasi atau tidak.

Namun, secara prinsip yang melakukan perpanjangan hanya 811 unit saja. “Memang tidak semua melakukan perpanjangan,” ujar dia kepada Radar, Rabu (13/2).

Heri tidak bisa memungkiri kemunculan angkutan Daring yang dianggap mengikis keberadaan angkot. Meski, faktanya angkot masih banyak yang beroperasi dan melayani masyarakat.

“Bisa saja kalau berkurang, tapi tetap masih ada yang beroperasi,” tuturnya.

Dari data Dishub, 1.003 unit angkot yang beroperasi di Kota Tasikmalaya, terbagi ke dalam 21 trayek.

Masing-masing trayek memiliki kuota tersendiri tergantung pada kondisi jalur.

Untuk angkot yang sudah diperpanjang izinnya, kelaikan jalannya pun lebih terawasi karena berhubungan dengan keselamatan penumpang. “Kan waktu perpanjangan, sekalian cek kelaikannya juga,” tuturnya.

Untuk pengawasannya, Dishub juga menurunkan petugas sehingga angkot yang beroperasi lebih terpantau. Ketika memang ada yang belum memperpanjang trayek tapi masih beroperasi maka akan diberi teguran.

Sekretaris Organda Kota Tasikmalaya, Asep Sutarman mengakui ada pengusaha angkot yang tidak memperpanjang izin trayek.

Akan tetapi, sebagian besar dari mereka memang berhenti beroperasi. “Karena mau bagaimana pun ini efek dari ojol (angkutan daring) dan menurunkan penghasilan angkot,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.