Pesawat N-219 Jajal Nusawiru

170
0
PERSIAPAN TERBANG. Pesawat N-219 melakukan uji terbang di Bandara Nusawiru Rabu (17/7). Uji coba ini akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan ke depan. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
PERSIAPAN TERBANG. Pesawat N-219 melakukan uji terbang di Bandara Nusawiru Rabu (17/7). Uji coba ini akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan ke depan. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Pesawat Prototype N-219 buatan Dirgantara Indonesia berkesempatan menjajal landasan pacu Bandara Nusawiru Kabupaten Pangandaran.

Kepala Bandara Nusawiru Hendra Gunawan mengatakan uji terbang pesawat N-219 di bandara tersebut, akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan. ”Tadi itu uji performa di sini, ya lebih safety kalau di sini,” ungkapnya kepada Radar, Rabu (17/7).

Menurut dia, kondisi cuaca di Pangandaran cukup bagus membuat uji terbang N-219 cukup lancar. ”Untuk kondisi angin juga cukup baik, tapi kalau urusan teknis dan lain-lain, orang dari N-219 yang lebih tahu,” terangnya.

Dari pantauan Radar, pelaksanaan uji terbang tersebut dilakukan selama dua jam lebih, pesawat hasil karya anak bangsa itu berputar –putar di kawasan lalu lintas udara Pangandaran.

Tambah Hendra, panjang runway Bandara Nusawiru akan segera diperpanjang dari 1.400 Meter menjadi 1.850. ”Rencananya akan dilakukan tahun depan, sehingga beberapa maskapai bisa masuk ke bandara,” ujarnya.

Selain itu, peralatan seperti X-Ray dan lain-lain juga sudah tersedia di Bandara Nusawiru. ”Mungkin nantinya harus ada bea cukai, kemudian imigrasi di bandara, ke depan pasti terealisasi,” terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pengelolaan Bandara Nusawiru akan melibatkan pihak ketiga. Investor tersebut disebut-sebut dari Bintan Kepulauan Riau.

”Jadi nanti dari Singapura, kemudian Bintan dan langsung ke Pangandaran,” ungkapnya saat menghadiri acara Pangandaran International Kite Festoval 2019. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.