Efek dari Sistem Rangking, Penurunan Passing Grade

Peserta Tes CPNS yang Lolos Bisa Ratusan

87

CIAMIS – Jumlah peserta tes CPNS asal Ciamis yang lolos sesuai passing grade (PG) lama untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) sangat kecil. Itu jika dibandingkan peserta tes yang mencapai 2.148.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM ) Ihsan Rasyad AKS MM menjelaskan sebanyak 62 peserta tes CPNS dari Ciamis lolos sesuai passing grade (PG) aturan lama.

Namun, jumlah peserta tes yang lolos SKD bisa bertambah. Itu seiring ada kebijakan baru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) bahwa PG diturunkan.

Kemudian muncul sistem ranking. Nantinya di seleksi tahap berikutnya, tepatnya Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), jumlahnya bisa lebih dari 62 orang yang diterima. “Jadi nantinya banyak bisa ratusan. Namun untuk jumlahnya berapa belum tahu pasti nunggu keputusan. Namun kalau dihitung di bawah 500 orangan,“ jelas Ihsan saat dihubungi Radar, Kamis siang (29/11).

Ihsan berharap dengan adanya sistem ranking, jumlah peserta tes yang lolos bisa bertambah di bawah 500. Sehingga nantinya bisa banyak formasi yang terisi di Kabupaten Ciamis.

“Jadi kita tunggu jumlah pastinya nanti dari Kemenpan RB berapa di Kabupaten Ciamis,” paparnya.

Ihsan mengakui bahwa di Kabupaten Ciamis ini masih kekurangan PNS. Jumlah kekurangannya mencapai 3.600 orang. Itu untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan teknis. “Jadi sangat jauh sekali dan belum terpenuhi,” ujarnya.

Meski membutuhkan CPNS baru, kata dia, Pemkab Ciamis terkendala kemampuan anggaran untuk menggaji. “Memang kebutuhan ribuan, tapi tetap itu juga disesuaikan dengan belanja pegawainya. Jadi tetap terkendalanya dari penggajiannya,” terangnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.