Pesona Bordir Priangan Timur, BI Optimisme Sektor Produktif

254
0
PAPARKAN. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Darjana (kanan) memaparkan agenda Pagelaran Kreasi Priangan Timur yang akan digelar mulai Senin 19 Oktober 2020. Lisna Wati / Radar Tasikmalaya

TASIK – Dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi melalui pengembangan UMKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya bekerja sama dengan pemerintah daerah se-Priangan Timur akan menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Kreasi Priangan Timur pada 19-24 Oktober 2020.

Mengangkat tema ”Pesona Bordir Priangan” kegiatan akan dilaksanakan secara virtual dengan menghadirkan berbagai kreasi bordir, batik, tenun, kerajinan juga produk makanan dan minuman khas Priangan Timur. Rangkaian kegiatan meliputi webinar, business matching, fashion show, lomba karya desain bordir, lomba artikel, fotografi dan vlog.

Baca juga : Azies Dinilai Mampu Bangkitkan Industri Rumahan di Kabupaten Tasikmalaya

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya, Darjana mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 berdampak cukup besar terhadap perekonomian. Permasalahan kesehatan mulai merambah ke masalah ekonomi.

Hal ini terindikasi dari pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2020 yang tercatat mengalami kontraksi sebesar 5,32% (yoy). Hal serupa juga terjadi di Jawa Barat yang pada triwulan II-2020 terkontraksi sebesar 5,98% (yoy).

“Sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi akan diselenggarakan kegiatan Pagelaran Kreasi Priangan Timur,” ujarnya dalam media breafing di Bale Galunggung KPwBI Tasikmalaya, Jumat (16/10).

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi showcase produk UMKM melalui website www.pagelarankreasipriangantimur.com. Pada website tersebut masyarakat dapat melihat produk-produk UMKM binaan Bank Indonesia Tasikmalaya dan binaan Dekranasda se-Priangan Timur. “UMKM yang ikut terlibat dalam kegiatan ini lebih dari 80 UMKM,” katanya.

Lanjutnya, website tersebut juga telah terhubung dengan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli maupun social media masing-masing UMKM. Sehingga pembelian dapat dilakukan langsung di kanal-kanal tersebut.

Selain pameran virtual, juga terdapat kegiatan webinar dengan berbagai topik menarik yang menghadirkan narasumber ternama. Beberapa tema yang akan dibahas antara lain peluang bisnis fashion bordir, berjualan online di massa pandemi, pengelolaan keuangan, akses keuangan UMKM dan industri halal.

Selain itu terdapat kegiatan business matching baik dari sisi penjualan maupun pembiayaan.

Baca juga : PNM Kota Tasik Tingkatkan Plafon Pinjaman, Bantu Pulihkan Ekonomi saat Pandemi

Tak lupa juga kegiatan fashion show bekerja sama dengan desainer nasional seperti Wignyo Rahadi, Malik Moestaram, Rya Baraba dan Rika Mulle yang akan menghadirkan karya-karya cantik kolaborasi antara tenun, batik dan bordir khas Tasikmalaya. Serta berbagai perlombaan menarik dengan hadiah puluhan juta rupiah seperti Lomba Karya Desain Bordir, Lomba Artikel, Fotografi dan Vlog.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi Priangan Timur terutama sektor UKM agar bisa survive, bangkit kembali dan tetap optimis,” harapnya. (rls/na)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.