Tak Banyak yang Tahu, Ini Pesona Keindahan Cagar Alam Pantai Timur Pangandaran

337
0
CAGAR ALAM. Wisatawan bisa menikmati keindahan Cagar Alam Timur Pangandaran. Kawasan ini spot favorit fotografer. foto-foto : NANA SURYANA / RADAR TASIKMALAYA
CAGAR ALAM. Wisatawan bisa menikmati keindahan Cagar Alam Timur Pangandaran. Kawasan ini spot favorit fotografer. foto-foto : NANA SURYANA / RADAR TASIKMALAYA

PANGANDARAN – Umumnya, wisatawan lebih mengenal Pantai Barat Pangandaran sebagai tempat asyik untuk beraktivitas.

Siapa sangka kawasan cagar alam Pantai Timur Pangandaran juga menyimpan keindahan tersembunyi.

Jarang dikunjungi wisatawan, tempat ini menyimpan keindahan panorama alam yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan ketenangan. Bahkan, menjadi lokasi favorit bagi para fotografer untuk berburu foto panorama.

Tidak banyak aktivitas wisatawan di kawasan cagar alam pantai timur, bahkan cenderung sepi dari kunjungan wisatawan.

Selain karakter pasirnya yang putih dan bersih, kawasan Cagar Alam Timur juga memiliki keunikan. Hamparan terumbu karang di sana sangat alami.

Namun demikian, lokasinya memang tidak diperuntukkan berenang, kecuali kegiatan menyelam atau snorkeling dengan didampingi para pemandu wisata.

“Pantai Timur ini memang lebih dibanding pengunjung di Pantai Barat tapi ada pemandu wisata maupun perahu pesiar yang beroperasi di sini untuk mengantarkan wisatawan,” tutur Asep (39), salah seorang pemandu wisata kepada Radar.

Selain wisata taman laut, di kawasan Cagar Alam Timur juga terdapat batu layar, yakni batu yang mirip dengan layar perahu yang ada di tepi pantai.

“Ada batu layar 1 dan 2, keduanya merupakan batu besar yang mirip dengan layar. Posisinya berada di bibir tebing yang langsung berbatasan dengan pantai sehingga saat rob, batu tersebut terendam air laut,” ujarnya.

Hamparan pemandangan pasir putih dan birunya laut di kawasan cagar alam timur sangat memanjakan mata, deretan bagang, sejenis alat tangkap ikan berupa bangunan dari bambu di tengah laut menjadi pemandangan pelengkap.

Wisatawan bisa menikmati suasana tersebut sambil bersantai di bibir pantai.

Biasanya, pantai timur menjadi lokasi yang cocok untuk bersantap makan siang bersama keluarga dan teman-teman.

Wisatawan tidak perlu khawatir, karena masih bisa bermain air di antara hamparan terumbu karang.

Neneng Romlah (32), salah seorang wisatawan asal Bandung mengaku baru kali pertama berkunjung ke kawasan pasir putih Pantai Timur.

“Biasanya kan cuma di Pantai Barat aja mainnya, paling masuk ke Cagar Alam tapi enggak sampa ke Pasir Putih Timur, baru sekarang nyobain, ternyata indah banget. Saya malah cocok main di sini. Lebih sepi jadi benar-benar serasa menikmati pantai sendiri,” ungkapnya.

Menurutnya, Pantai Pangandaran termasuk tempat yang nyaman dikunjungi, namun demikian dirinya lebih suka berkunjung saat hari-hari biasa karena cenderung lebih sepi. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.