Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

41.9%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.8%

0%

Pesona Pantai Madasari

166
0
INDAH. Kawasan Pantai Madasari di Kabupaten Pangandaran difoto dari atas tampak indah. Pemerintah tahun depan akan menata pantai ini. foto-foto: NANA SURYANA / RADAR TASIKMALAYA
INDAH. Kawasan Pantai Madasari di Kabupaten Pangandaran difoto dari atas tampak indah. Pemerintah tahun depan akan menata pantai ini. foto-foto: NANA SURYANA / RADAR TASIKMALAYA

Pantai Madasari di Desa Masawah Kecamatan Cimerak memang tak setenar Pantai Pangandaran, namun keindahan pantai ini dapat menghipnotis wisatawan.

Berjarak sekitar 40 kilometer dari Pantai Pangandaran, wisatawan bisa menempuh sekitar 1 jam perjalanan. Wisatawan bisa melewati jalan nasional Pangandaran-Cijulang.

Infrastruktur menuju Pantai Madasari sudah sangat baik. Jalan beraspal. Di-hotmix. Jalannya bisa dilalui kendaraan kecil maupun bus besar.

Pantai Madasari masih sangat alami. Wisatawan bisa memandang lautan lepas. Airnya bersih. Namun, wisatawan tidak dilarang berenang di kawasan itu. Karena di sana, banyak batuan karang. Arus alutnya juga kuat. Tentunya, bagi yang tidak bisa berenang akan menjadi masalah. Sangat berbahaya.

Walaupun tidak bisa berenang, wisatawan bisa bermain air di tepian pantai. Mereka bisa sambil melihat biota laut yang banyak ditemui saat pantai dalam kondisi surut.

Saat ini, masyarakat di Desa Masawah sudah mulai melirik potensi wisata di daerahnya. Kini pemerintah desa sudah menarik retribusi tiket masuk untuk wisatawan yang berkunjung.

Pantai Madasari masih sepi. Jauh dari aktivitas hilir mudik kendaraan. Itu sangat cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan. Cocok untuk aktivitas berkemah, menikmati suasana pantai tanpa gangguan banyak orang.

Di sekitar Pantai Madasari belum ada hotel. Namun sudah ada beberapa penginapan dan homestay. Warung-warung kecil milik warga juga sudah ada di sana sehingga tidak perlu khawatir kehabisan makanan.

Kepala Bidang Pengelolaan Destinasi Kepariwisataan Dudung Cahyadi mengatakan Pantai Madasari menjadi salah satu pilihan destinasi wisata bagi wisatawan.

“Pantainya menyuguhkan pemandangan yang bagus, saat ini pengelolaannya masih oleh pemerintah desa, namun pemerintah Kabupaten Pangandaran terus membenahi fasilitas di sana seperti akses jalan,” kata dia.

Kawasan Pantai Madasari akan ditata 2020. “Sudah masuk dalam e-planning Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Nanti pengerjaannya melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran,” ujarnya.

Pantai Madasari termasuk dalam Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) dalam pengembangan wisata. “Madasari juga termasuk dalam geosite yang menjadi bagian dari geopark pesisir Pangandaran,” tutur Dudung.

Panorama Pantai Madasari juga bisa dinikmati melalui mercusuar. Dari ketinggian, kita bisa melihat keindahan lautan lepas.

Wisatawan juga bisa berkunjung ke arena pacuan kuda Legok Jawa, yang masih satu garis pantai dengan Pantai Madasari. Salah satu lapang pacuan kuda yang terkenal dengan panorama pantainya yang berada di sisi lintasan.

Pacuan kuda Legok Jawa, menurut Ketua KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin, merupakan yang terbaik di Jawa Barat.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Madasari mengaku sangat menikmati suasana pantai. Seperti disampaikan Erik(34), wisatawan asal Bandung.

“Saya tahu tempat ini dari media sosial, karena penasaran saya coba berkunjung, ternyata memang tempatnya asyik, cocok sekali untuk yang suka suasa sepi sambil menikmati pantai,” kata dia.

Ia berkunjung ke Pantai Madasari bersama dua rekannya dengan membawa fasilitas berkembang. “Kami memang suka camping, kalau biasanya kita ke gunung, kali ini kita ke pantai,” ujarnya. (nay)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.