Petani & Buruh Tani Sindangkasih Ciamis Curhat Soal Ini ke Anggota DPR RI

66
0
ISTIMEWA BERSAMA. Para petani dan buruh tani di Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis foto bersama usai tatap muka dengan anggota DPR RI Komisi IV dari Dapil Jawa Barat X KH Asep Maoshul Affandy MPdI Kamis (17/9).

CIAMIS – Anggota DPR RI Komisi IV dari Dapil Jawa Barat X KH Asep Maoshul Affandy MPdI melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis, Kamis (17/9).

Politisi senior asal PPP ini bertatap muka dengan para petani dan buruh tani. Dia mendengarkan aspirasi atau keluhan mereka, terutama tentang pupuk subsidi dan non subsidi serta kartu tani.

Baca juga : Pemkab Ciamis Siap Bantu Perbaiki Jembatan Cirahong yang Bantalan Kayunya Rusak

KH Asep menyampaikan kedatangannya ke wilayah Kabupaten Ciamis untuk menyerap aspirasi petani dan buruh tani di Kecamatan Sindangkasih.

Dalam curhatannya, kata KH Asep, petani mengeluhkan tentang harga pupuk subsidi dan non subsidi dan kartu tani. Permasalahannya, banyak problem dari kartu tani. Pembelian pupuk subsidi harus dibarengi dengan kartu tani. Sementara petani rata-rata lulusan sekolah dasar.

“Kurangnya pemahaman dari para petani mengenai mekanisme kartu tani ini menjadi kendala,” ujar KH Asep.

Loading...

“Maka saya yang kebetulan punya hobi dalam bidang pertanian menyarankan agar para petani tidak bergantung ke pupuk kimia, justru ketika susah mendapat pupuk subsidi yang notabene adalah pupuk kimia saatnya kita kembali ke pupuk organik,” papar KH Asep.

KH Asep masih ingat betul ketika kecil, pertanian kala itu masih memakai pupuk-pupuk organik. Hasil panennya pun melimpah.

“Maka kesempatan kita untuk kembali ke pupuk organik inilah saat yang tepat. Ketergantungan terhadap pupuk kimia harus kita lepaskan. Jangan ambil mudahnya saja, tapi pada akhirnya tanah menjadi rusak, kualitas air pun jadi rusak anak cucu kita mau kita wariskan apa,” tegas KH Asep.

Ustaz Jejen Zaenal Mutaqin (40), sebagai salah satu peserta mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim dari KH Asep Maoshul Affandy.

“Mudah-mudahan segala macam keluhan kami ada solusinya. Kalau pun tidak langsung bisa ditangani, setidaknya kami ingin diberi pengetahuan yang lebih mengenai pertanian,” paparnya.

Baca juga : Kades Panjalu Ciamis Jadi Tersangka Korupsi, Pencalonan dalam Pilkades Tidak Gugur

Ahmad Jiyad Siyanji, salah satu tim dari KH Asep Maoshul Affandy juga sangat ber­terimakasih kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Sindangkasih.

“Mudah-mudah ka­mi yang di­ama­natkan as­pirasi oleh pa­ra petani ini agar bisa ama­nah dan me­­nyam­pai­kan nanti di ra­­pat-rapat Ko­­misi IV DPR RI,” ujarnya. (isr)

 

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.