Petani Dibantu Bibit Pohon Cengkeh

119
0

PARIGI – Petani di Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran mendapatkan bantuan 3.000 benih pohon cengkeh siap tanam.

Kasi Pembenihan dan Perlindungan Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Mia Rusmiati mengatakan 3.000 benih pohon cengkeh diberikan kepada petani, agar produksi tanaman perkebunan bisa meningkat. ”Tanaman rempah ini memiliki nilai jual yang tinggi dan sangat diburu,” tuturnya kepada Radar, Senin (25/2).

Menurutnya, bibit pohon cengkeh tersebut disalurkan kepada kelompok tani Muktisari dan akan ditanam di lahan seluas 30 hektare. ”Diharapkan produksi cengkeh akan melimpah ruah dari total luas lahan tersebut,” ujarnya.

Harga per kilogram bunga cengkeh saat ini mencapai Rp 100 ribu. ”Tapi itu juga tergantung kualitas dari cengkeh kering itu sendiri,” terangnya.

Ia mengatakan satu pohon cengkeh bisa menghasilkan 10 kilogram per musim, bila masa tanamnya mencapai lima tahun lamanya. ”Saat ini daerah yang banyak petani cengkehnya ada di Parigi dan Cimerak,” tuturnya.

Dua daerah tersebut memiliki kontur tanah yang cocok untuk ditanami pohon cengkeh.”Tapi semua daerah juga punya potensi untuk ditanami rempah cengkeh,” singkatnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.