Petani Pangandaran Akan Dapat Bantuan Benih dari Pemerintah Pusat

24
0
BERTANI. Para petani Parigi usai panen di Karangbenda Parigi kemarin. Bantuan benih dari pemerintah pusat bagi para petani akan dialokasikan pada Maret. Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya
BERTANI. Para petani Parigi usai panen di Karangbenda Parigi kemarin. Bantuan benih dari pemerintah pusat bagi para petani akan dialokasikan pada Maret. Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya
Loading...

PANGANDARAN – Petani di Kabupaten Pangandaran akan mendapat suplai benih dari pemerintah pusat. Bantuan diberikan agar hasil tanaman padi lebih maksimal.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Aep Haris mengatakan bantuan tersebut disalurkan kepada para petani dalam bentuk barang.

“Pemberian bantuannya itu sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan Pemda Pangandaran,” ucapnya kepada wartawan Rabu (3/2/2021).

Dirinya mengatakan bantuan tersebut rencananya bakal dialokasikan untuk masa tanam bulan Maret dan April 2021. “Beberapa benih padi yang diberikan diantaranya inbrida, rawa, nutrizing dan padi organik,” ujarnya.

Kuota benih padi inbrida diperuntukan bagi lahan seluas 6.898 hektare, rawa sebanyak 131 hektare, nutrizing 30 hektare dan organik sebanyak 50 hektare.

loading...

“Padi inbrida yang disalurkan sebanyak 172.450 kilogram benih yang terdiri dari 3 jenis varietas yaitu inpari 32, inpari 42, inpari 43,” ungkapnya.

Baca juga : Sekeluarga Terjebak Banjir di Air Terjun Bojong Pangandaran

Ia berharap bantuan bentuk benih padi kepada para petani bisa mempertahankan angka produktivitas padi di Kabupaten Pangandaran.

“Kondisi saat ini areal pesawahan di Kabupaten Pangandaran sebagian besar mengandalkan air dari hujan karena masih banyak areal pesawahan yang kondisi irigasinya belum memadai,” ucapnya.

Salah seorang petani, Salwan (45) berharap bantuan benih itu bisa benar-benar terealisasi. “Mudah-mudahan saja benar, karena kami sekarang masuk masa panen dan kemungkinan akan masuk masa tanam sebentar lagi,” jelasnya.

Kata dia, kemungkinan masa tanam akan cepat karena curah hujan juga sangat tinggi untuk saat ini. “Jadi kami juga suka buru-buru tanam lagi,” kata dia. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.