Petani Tembakau Hasilkan 150 Ton

44
Istimewa BERTANI. Para petani tembakau bisa hasilkan tembakau basah 150 ton per tahun.

PANGANDARAN – Tiap tahunnya, petani tembakau di Kabupaten Pangandaran bisa menghasilkan daun tembakau basah hingga 150 ton.

Kasi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Ridwan Mulyadi mengatakan kebun tembakau di Kabupaten Pangandaran terletak di Kecamatan Padaherang dan Mangunjaya. ”Untuk potensi penanaman tembakau mencapai 82 hektare, yang saat ini biasa ditanami seluas 25 hektare lebih, “ terangnya kepada Radar, Selasa (19/2).

Dari luas lahan seluas 25 hektare, petani bisa menghasilkan tembakau basah sebanyak 150 ton.” Dan bisa dibayangkan jika luas lahan tembakau bisa diperluas, mungkin produksi bisa samapi ribuan,” tuturnya.

Menurutnya, jika daun tembakau dikeringkan penyusutan bisa mencapai 17 persen .”Untuk harga daun tembakau basah saat ini dihargai Rp 7.000 dan Rp 10.000 per kilogram,” ungkapnya.

Kebanyakan para petani tembakau menjual hasil panen ke daerah Jawa Tengah seperti Cilacap. ”Mereka jarang menjualnya ke pabrik rokok, karena harganya bisa murah,” tuturnya.

Setiap tahun para petani mendapat anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBCHT), untuk tahun 2108 dana tersebut dipergunakan membuat gedung tembakau di Desa Paledah Padaherang “Serta membuat saluran air di Desa Sukanegara Padaherang dan sumur bor,” terangnya.

Rencananya DBHCT akan dilakoasikan untuk pembangunan drainase bagi empat kelompok tani tembakau. ”Diharapkan pembangunan tersebut bisa terealisasi,” tuturnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.