PGRI Kota Tasik Semangat Wujudkan Merdeka Belajar

55
0
ISTIMEWA. SINERGI. Kepala KCD Pendidikan Wilayah XII Dr Abur Mustikawanto MEd (kedua, kiri) bersama guru duta sains yaitu Dra Iis Dewi Kurnia MM, Wahyu Mulyadi SPd MPd dan Galih Wangi MPd, beberapa waktu lalu.
ISTIMEWA. SINERGI. Kepala KCD Pendidikan Wilayah XII Dr Abur Mustikawanto MEd (kedua, kiri) bersama guru duta sains yaitu Dra Iis Dewi Kurnia MM, Wahyu Mulyadi SPd MPd dan Galih Wangi MPd, beberapa waktu lalu.

TASIK – Hari Guru Nasional tahun 2020 ini menjadi momentum untuk menggugah semangat para pahlawan tanpa tanda jasa untuk meningkatkan pengabdiannya pada pendidikan di masa pandemi ini. Hal ini sesuai dengan tema Hari Guru 2020 yakni Bangkit Semangat Wujudkan Merdeka Belajar.

Kepala KCD Pendidikan Wilayah XII Dr Abur Mustikawanto MEd mengatakan, di Hari Guru Nasional ini ia mengajak tenaga pendidik untuk terus berinovasi dan mandiri. Apalagi di masa pandemi Covid-19, guru harus memberikan ruang bagi peserta didik untuk belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja.

“Hari Guru Nasional dalam pandemi Covid-19, harus kreatif dalam memberikan pembelajaran daring. Ketika menggunakan pembelajaran luring pun harus sesuai protokol kesehatan, misalnya saat kegiatan praktik pembelajaran di SMK/SMA,” katanya kepada Radar, Rabu (25/11).

Sambung Abur, guru mesti melaksanakan konsep joyfull learning yaitu kreatif, komunikatif, adaptif serta sehat jasmani dan rohani. Sehingga mendapatkan kemudahan dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang lebih bermakna.

“Kebijakan ini sangat mendukung implementasi pembelajaran saat kondisi pandemi Covid-19 masih tinggi. Maka dalam proses pembelajaran menjadi lebih kolaboratif dan holistik,” ujarnya.

Kepala SMA Al Muttaqin Tasikmalaya Drs Jenal Al Purkon MPd menjelaskan, peringatan Hari Guru Nasional ini sebagai motivasi guru untuk melanjutkan pendidikan, agar jangan mati suri. Artinya guru harus tetap berjalan mencari pembelajaran yang kreatif dan inovatif, demi masa depan bangsa yang gemilang. “Guru yang dituntut untuk tetap semangat, kreatif dan sabar,” katanya.

Lalu, dalam momentum peringatan Hari Guru Nasional ini dengan bangkit semangat dalam mewujudkan Merdeka Belajar. Dengan demikian untuk meningkatkan energi baru pembelajaran jarak jauh dalam situasi pandemi Covid-19.

“Selamat Hari Guru Nasional semoga tetap semangat demi masa depan bangsa lebih unggul dan berkarakter,” ujarnya.

Ketua Umum FKDT Kota Tasikmalaya Drs Ahmad Sapei menyampaikan, peringatan ini sebagai penghargaan guru yang berjasa mencerdaskan generasi penerus yang berguna bagi nusa bangsa dan agama. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.