PGRI Kota Tasik Turut Serta Memutus Mata Rantai Virus Corona

133
0
PGRI For Radar Tasikmalaya AKSI SOSIAL. Pengurus PGRI Kota Tasikmalaya membagikan 4.000 masker dan bingkisan makanan kepada masyarakat Rabu (15/4). Hal itu untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

TASIK – Upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona, pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Tasikmalaya membagikan 4.000 masker kepada masyarakat Kota Tasikmalaya Rabu (15/4). Pembagian masker didampingi anggota kepolisian, Dinas Pendidikan dan KCD Pendidikan Wilayah XII.

“Ini merupakan rasa kepedulian kami untuk masyarakat. Apalagi penggunaan masker saat ini wajib. Harapannya bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Ketua PGRI Kota Tasikmalaya Bangbang Hermana kepada Radar, Rabu (15/4).

Baca juga : RSJK Kota Tasik Diserang Kejamnya Hoaks Covid-19, Begini Sebenarnya..

Kata Bangbang, PGRI Kota Tasikmalaya membagikan masker kain di beberapa titik di antaranya di wilayah Timur (Cibeureum), Tengah (Tawang, Cihideung), Utara (Cipedes, Indihiang). Sementara untuk di wilayah selatan (Kawalu) selain membagikan masker juga membagikan mie instan dan minyak goreng.

Pembagian masker secara gratis ini murni merupakan iuran dari para anggota dan pengurus cabang PGRI Se Kota Tasikmalaya. Ditambah anak lembaga di antaranya, Yayasan Penyelenggara Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI dan juga profesi keahlian sejenis Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Kota Tasik.

“Sasarannya masyarakat pengguna jalan, pedagang kaki lima, sopir angkot, ojek pangkalan, ojol, tukang parkir dan lain-lain,” kata dia.

Aksi sosial ini, lanjut Bangbang sebagai tindak lanjut hasil rakornas PB PGRI dan provinsi yang ditindaklanjuti oleh PGRI di daerah. Selain membagikan masker, PGRI juga sekaligus sosialisasi terkait keselamatan dan program PHBS kepada anak-anaknya. Misalnya, jaga jarak, cuci tangan, sebaiknya di rumah kalau tidak ada kebutuhan yang mendesak.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Budiaman Sanusi SSos menyebutkan, kegiatan bagi-bagi masker ini pada intinya sebagai bentuk kepedulian PGRI akan musibah wabah virus corona di Kota Tasikmalaya. “Mudah-mudahan meningkatkan kesadaran untuk membiasakan menggunakan masker, dan tentunya kami Disdik sangat mengapresiasi gerakan tersebut,” kata dia.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd menambahkan, program semacam ini baik dilaksanakan untuk pembelajaran bagi masyarakat terutama di ranah pendidikan.

Baca juga : Wanita Hamil Warga Cikatomas Tasik Terpaksa Jualan Miras Lantaran Ini..

“Di ranah pendidikan hasil akhirnya adalah pembelajaran bagi siswa. koordinasi antar dinas secara kedinasan inilah yang penting, dimana Disdik Kota berhubungan dengan SD, SMP dan PAUD, untuk KCD berhubungan dengan SMA SMK dan SLB, sehingga nampaklah program ini berkesinambungan,” kata dia.

Untuk program di KCD, kata abur, telah mengimbau secara menyeluruh SMA, SMK dan SLB juga melakukan hal yang sama di wilayah dekat sekolahnya.

“Jadi mereka dengan senang hati berlomba-lomba melakukan baksos di sekolahnya masing-masing, umumnya bagi-bagi masker bagi masyarakat di sekitar sekolah,” ujarnya. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.