Philippe Coutinho Tinggal Tunggu Waktu

111
0
Jason Cairnduff / Reuters Philippe Coutinho

LIVERPOOL – Kepindahan Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona sepertinya tinggal menghitung hari. Media-media Spanyol juga Inggris kemarin (2/1) sudah santer memberitakan kedua klub sudah mencapai kesepakatan harga GBP 150 juta (Rp 2,73 Triliun) buat Coutinho untuk periode lima musim.
Sejak musim panas lalu, setelah kehilangan Neymar yang pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) Barca memang mengejar Coutinho sebagai substitusi di lini depan. Meski Coutinho sendiri sudah mengajukan permintaan buat dijual, hal itu ditolak petinggi Liverpool.
Dalam sepakan terakhir tanda-tanda bakal hijrahnya Coutinho ke Camp Nou pada bursa transfer musim dingin ini terus menguat. Diawali Kamis (28/12) lalu ketika Liverpool memperoleh bek Virgil van Dijk dari Southampton seharga GBP 75 juta (Rp 1,36 triliun).
Tiga hari kemudian (31/12) giliran produsen apparel Barca Nike melakukan blunder. Nike mengunggah iklan mengenai tawaran bebas biaya kepada fans Barca yang membeli jersey Barca dan memberikan nama Coutinho disana.
Saga transfer Coutinho itu sepertinya mendekati klimaks saat pemain 25 tahun tersebut dicadangkan oleh pelatih Liverpool Juergen Klopp ketika Si Merah menang 2-1 atas Burnley Senin (1/1) malam lalu di Stadion Turf Moor, kandang Burnley. Klopp seperti diberitakan The Guardian kemarin (2/1) mengatakan alasan mencadangkan Coutinho adalah sama dengan yang dilakukannya kepada winger Mohamed Salah. Yakni cedera. “Keduanya (Salah dan Coutinho, Red) dalam masa penyembuhan, bukan cedera berat namun tetap membutuhkan istirahat,” tutur pelatih berusia 50 tahun tersebut.
Klopp berdalih semua pemainnya membutuhkan istirahat karena sebelum lawan Burnley (1/1), Liverpool sudah melakoni pertandingan versus Leicester City (30/12). Dan yang membuat Klopp bangga, anak asuhnya sukses di dua pertandingan itu. “Saya menyukai rotasi dan enam poin dalam dua hari? Saya belum pernah melakukan hal tersebut di klub lain,” ucap Klopp.
Nah, Klopp juga berusaha tetap tenang dan menanggapi dengan bercanda mengenai pemasangan iklan Nike soal Coutinho yang akan berseragam Barca secepatnya itu. “Saya tidak terlalu tertarik dengan apapun terkait dia (Coutinho, Red). Namun seseorang memberi tahu saya dan membuat saya berpikir ‘wow’ (tentang Countinho),” kata bekas pelatih Mainz 05 dan Borussia Dortmund tersebut.
Sementara itu, Sport menulis Barca sejak kegagalan mendatangkan Coutinho musim panas lalu tak lelah buat berusaha menggaet bekas pemain Inter tersebut. Meski disebut-sebut kalau Barca ‘putus asa’ dengan kengototannya memperoleh Coutinho hal itu ditolak mentah-mentah.
Masuknya pemain Liverpool ke tubuh Barca terakhir terjadi pada musim 2014-2015 lalu dimana Luis Suarez dibeli dengan harga EUR 82,3 juta (Rp 1,33 triliun). Dan adanya Suarez di Camp Nou memberikan dampak yang sangat besar dalam empat musim terakhir.
Kolaborasi Suarez dengan Neymar dan Lionel Messi yang kemudian dikenal sebagai MSN menghasilkan sembilan trofi. Dua La Liga, tiga Copa del Rey, satu Liga Champions, satu Piala Dunia Antarklub, satu Piala UEFA Super dan satu Supercopa Espana. (dra)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.