Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.9%

19.6%

8.2%

68.3%

PIilbup Tasik, Jumlah Pengantar Pendaftaran Calon Bupati Dibatasi

1594
1
RAPAT. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi dan simulasi pendaftaran pasangan calon di Pilkada 2020, Senin (31/8). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi persiapan dan simulasi pendaftaran calon bupati/wakil bupati Tasikmalaya 2020 di Aula Kantor KPU, Senin (31/8).

Dalam rapat tersebut hadir semua pihak terkait dalam penerimaan pendaftaran bakal calon di Pilkada Tasik seperti TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dishub dan Satpol-PP serta perwakilan LO partai politik peserta pemilu.

Baca juga : 3 Bakal Calon Berebut Sisa 3 Partai di Pemilihan Bupati Tasik

Disepakati dalam rapat koordinasi tersebut bagi massa yang mengantarkan bakal calon bupati/wakil bupati Tasikmalaya ke KPU dibatasi jumlahnya sesuai protokol kesehatan Covid-19 yakni 50 orang dan yang masuk ruangan sebanyak 15.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP menjelaskan, rapat koordinasi persiapan simulasi penerimaan pendaftaran bakal calon dilaksanakan bersama pihak terkait.

“Kita sudah persiapkan segala macamnya termasuk teknis dan SOP pada saat nanti menerima para bakal calon bupati/wakil bupati Tasikmalaya yang mendaftar ke KPU,” ungkap Zamzam kepada wartawan di Kantor KPU, Senin (31/8).

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin SAg menambahkan, rapat koordinasi dilaksanakan dalam rangka persiapan penerimaan pendaftaran bakal calon dengan membahas teknis serta pelaksanaannya.

“Dilanjutkan dengan simulasi pendaftaran calon yang diperankan oleh komisioner KPU, bersama TNI/Polri, Dishub, Satpol-PP, Dinas Kesehatan, LO partai politik termasuk pihak terkait lainnya,” terang Jajang.

Dari hasil rapat tersebut, lanjut dia, sudah disusun SOP dan teknis penerimaan pendaftaran bakal calon oleh KPU. Di antaranya mengatur ruangan dan lokasi untuk tempat pendaftaran. Karena memang kantor KPU yang terbatas.

“Kita menyepakati ada ketentuan dan SOP-nya. Bukan kita tidak mau mengakomodir keinginan pasangan calon. Akan tetapi protokol kesehatan di tengah Covid-19 tetap harus dilaksanakan demi kesehatan dan keselamatan jiwa,” kata dia.

Disepakati, tambah dia, untuk rombongan yang mengantarkan pasangan calon mendaftar ke KPU itu dibatasi hanya 50 orang. Termasuk di dalamnya calon, keluarganya, LO dan pengurus serta pimpinan partai politik pengusung.

“Sementara bagi yang masuk mengantarkan calon mendaftar ke ruangan yang sudah disiapkan KPU, yang boleh ikut sebanyak 15 orang perwakilan. Selain protokol kesehatan juga mengoptimalkan ruang yang ada, dengan pengamanan ketat,” terang dia.

Termasuk nanti, tambah dia, para peserta rombongan yang ikut mengantar bersama calon diberikan tanda pengenal agar tertib dan teratur saat penerimaan pendaftaran. “Pastinya yang mengiringi pasangan calon ada istri, keluarganya termasuk ketua partai pengusung dan tim suksesnya,” ujar dia.

Baca juga : 1 Tenaga Medis Positif, Pasien Karantina Corona di Kota Tasik Nambah Jadi 8 Orang

Dia menambahkan, KPU pun dalam tahapan penerimaan pendaftaran pasangan calon sudah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya termasuk Dinas Kesehatan.

“Protokol kesehatan di tengah pendaftaran calon, nanti ada tim medis dari Dinas Kesehatan beserta ambulans selama tiga hari di lokasi pendaftaran. Kemudian semua rombongan termasuk calon wajib memakai masker, kita siapkan alat cuci tangan, hand sanitizer termasuk posisi kursi ada jarak,” tambah dia. (dik)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.