Pilbup Pangandaran, Rekapitulasi PPK Tak Mengacu Sirekap

75
0
REKAPITULASI. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Pangandaran menggelar rekapitulasi suara secara serentak, Jumat (11/12). DENI NURDIANSAH / RADAR TASIKMALAYA
REKAPITULASI. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Pangandaran menggelar rekapitulasi suara secara serentak, Jumat (11/12). DENI NURDIANSAH / RADAR TASIKMALAYA

PANGANDARAN – Rekaputulasi hasil perolehan suara tingkat kecamatan mulai dilakukan serentak setelah sebelumnya sempat tertunda satu hari. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin kepada Radar, Jumat (11/12).

Kata dia, terbitnya surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 661 memastikan Sistem Rekapitulasi (Sirekap) yang ada di kabupaten/kota hanya menjadi alat bantu. “Proses rekapitulasi di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tidak lagi hanya mengacu kepada Sirekap,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, rekapitulasi di tingkat PPK yang dilakukan adalah menyandingkan data yang ada di kotak suara dan Sirekap. “Dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Jadwal Rekapitulasi ini mulai tanggal 10-14 Desember,” katanya.

Baca juga : JUARA & AMAN Menang di Masing-Masing TPS di Pilkada Pangandaran

Ia menjamin suara yang masuk masih terjaga dengan baik tanpa ada perubahan. “KPU tetap menjaga netralitas dan intergritas para penyelenggara di lapangan, terlebih dari hal-hal yang menimbulkan pelanggaran,” jelasnya.

“Saya memastikan KPU tetap profesional dan berintegritas, tidak akan tergoda oleh politik uang atau apapun yang mengganggu kemurnian suara di TPS,” katanya, menambahkan.

Ketua PPK Pangandaran Sunanto mengatakan, sekarang tahapan Pilkada 2020 sudah memasuki rekapitulasi penghitungan suara yang dilaksanakan selama dua hari.

“Rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK semestinya dilaksanakan hari Kamis (10/12) kemarin. Namun atas dasar intruksi KPU Provinsi akhirnya pleno terbuka di PPK dilaksanakan serentak hari ini (kemarin),” ujarnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.