Pilbup Tasik, 38 Kecamatan Sudah Pleno, Cipatujah Belum Masuk

146
0
MEMANTAU. Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin memantau pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di Kecamatan Singaparna, Sabtu (12/12). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

Sebanyak 38 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya sudah selesai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan, Minggu (13/12).

Dari hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan, pasangan calon nomor 2, Ade-Cecep masih unggul sementara dari pasangan calon nomor 4, Iwan-Iip dengan persentase tinggal menunggu hasil dari Kecamatan Cipatujah.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin SP menjelaskan proses pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan secara keseluruhan sudah hampir selesai sampai Minggu (13/12).

“Tinggal satu kecamatan lagi di Kecamatan Cipatujah yang belum selesai pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suaranya. Mudah-mudahan tengah malam nanti (tadi malam, Red) selesai, karena besok Senin (14/12) sudah mulai pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kabupaten,” terang Zamzam, kepada Radar.

Baca juga : Energi Baru PPP Kota Tasik, Yanto Oce Resmi Bergabung

Terpisah, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin SAg menambahkan pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan tinggal menyisakan satu kecamatan lagi.

“Sudah hampir selesai dan lancar, mudah-mudahan besok selesai dan bisa disepakati. Sehingga hari ini (14/12) akan ditindaklanjuti dengan rapat koordinasi dengan semua pihak KPU, Bawaslu, desk pilkada dan TNI Polri,” terang dia.

Ditargetkan, kata Jajang, Selasa-Rabu (15-16/12) sudah bisa dilaksanakan pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kabupaten. Dengan dibacakan oleh PPK atau kecamatan memuat data hasil perhitungan dari setiap desa atau TPS yang sudah dihitung di pleno kecamatan.

“Nanti KPU memasukan dan merekap hasil data perhitungan suara yang dibacakan PPK. Datanya dari kecamatan, KPU cuma merekap saja dan itulah hasil perhitungan terakhir di tingkat kabupaten yang legal dan resmi, nanti akan kita umumkan oleh KPU hasil rekapnya,” jelas dia.

Targetnya, kata dia, pleno terbuka tingkat kabupaten selesai 17 Desember 2020 atau paling lama dua hari. Pengumuman resmi hasil rekapitulasi pleno terbuka tingkat kabupaten akan diumumkan 23 Desember 2020

Adapun untuk penetapan bupati/wakil bupati Tasikmalaya terpilih, tambah dia, KPU menunggu lima hari sejak keluarnya buku register Mahkamah Konstitusi (MK) setelah diumumkan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten 23 Desember.

“Selama lima hari itu ada ruang waktu bagi para pihak yang tidak puas atas hasil penghitungan suara di Pilkada Tasik, untuk menyampaikan gugatan ke MK. Kemudian MK memberi tahu kepada KPU apakah gugatannya diterima atau tidak,” papar dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.