Pilbup Tasik: Ade-Cecep Vs WANI Beda 0,78%

1848
3
SUMBER: KPU Kabupaten Tasikmalaya
SUMBER: KPU Kabupaten Tasikmalaya

TASIK – Hari kedua penghitungan suara sementara atau real count yang dilaksanakan KPU Kabupaten Tasikmalaya menunjukkan pasangan nomor urut 2, Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin unggul sementara dengan raihan 314.924 suara atau 32.88 persen.

Sementara posisi kedua ditempati oleh pasangan nomor urut 4, Iwan Saputra-Iip Miptahul Paoz dengan raihan 307.512 suara atau 32,10 persen. Selisih paslon Ade-Cecep dengan Iwan-Iip pun hanya berjarak 0,78 persen atau sekitar 7.412 suara.

Sedangkan diurutan ketiga pasangan calon nomor urut 1, Azies Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya dengan raihan 221.916 suara atau 23,17 persen. Dan posisi keempat pasangan calon nomor urut 3, Cep Zamzam-Padil Karsoma meraih 113.561 suara atau 11,86 persen.

Raihan suara ini dari total keseluruhan suara yang masuk ke KPU Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 978.663 atau 73,42 persen. Berdasarkan data yang masuk dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin SP mengucapkan terima kasih atas antusiasme warga Kabupaten Tasikmalaya yang sudah memenuhi hak pilihnya.

“Kami mengapresiasi masyarakat yang datang ke TPS menyalurkan hak pilih sesuai dengan protokol kesehatan,” ungkap Zamzam kepada Radar, Kamis (10/12).

Menurut dia, dibandingkan Pilkada 2015 lalu tingkat partisipasi masyarakat hanya sebesar 65 persen. Namun di Pilkada Serentak 2020 ini mengalami peningkatan yakni sebanyak 73 persen.

“Walaupun dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, dan sempat muncul kekhawatiran untuk datang ke TPS, partisipasi pemilih cukup tinggi,” tuturnya.

Terkait dengan proses rekapitulasi perhitungan suara sementara, terang Zamzam, sesuai dengan PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada di tingkat kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 11-14 Desember 2020.

“Kemudian rekapitulasi di tingkat kabupaten 13-17 Desember. Mudah-mudahan berjalan tertib, aman, lancar dan sehat,” ungkap Zamzam.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam MPd mengatakan PCNU mengeluarkan imbauan pasca pelaksanaan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya.
Pertama, kata Atam, meminta warga nahdliyyin yang mendukung pasangan calon mana saja tetap menjaga keamanan dan kedamaian. Paslon mana pun yang secara jujur dan adil dinyatakan menang, harus bisa menerimanya.

Kedua, mendoakan agar yang terpilih menjadi bupati diberi taufiq dan hidayah oleh Allah SWT dan bisa membawa Kabupaten Tasikmalaya ke dalam keadaan yang lebih baik bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Ketiga, sambung KH Atam, yang mendapatkan kemenangan tidak menyombongkan diri. Tetapi harus bersyukur dengan menjadikan kesempatan ini sebagai modal untuk pengabdian kepada Allah SWT.

“Keempat jika di tengarai ada kecurangan atau ketidakpuasan, maka harus diselesaikan dengan sebaik baiknya. Untuk menghindari kekisruhan dan berkembangnya prasangka yang tidak baik, diharapkan penyelenggara menyelesaikannya secara transparan dan bijaksana,” tambah dia. (dik)

loading...

3 KOMENTAR

  1. Untuk yang menang, jadikan Kab Tasikmalaya menjadi jabatan untuk Kebaikan dunia dan akhirat, selamatkan masyarakat dari RIBA yang sudah merajalela, dengan kebijakan yang tepat sesuai dengan Al-Quran apalagi Tasikmalaya dikenal dengan banyak pondok pesantren , selama RIBA merajalela maka disitu tidak ada KEBERKAHANNYA, siapapun yang berusaha dengan Riba, Allah SWT dan RasulNya akan menghancurkan RIBA, QS. AL BAQOROH AYAT 275-279. (Penggiat Masyarakat Tanpa Riba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.