Pilbup Tasik, Kerawanan TPS Mulai Dipetakan Polisi

66
0
RAPAT KOORDINASI. Polres Tasikmalaya bersama stakeholder terkait membahas indeks kerawanan TPS di Pilkada Tasik, Rabu (21/10). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

MANGUNREJA – Polres Tasikmalaya menggelar rapat persamaan persepsi pada Pilkada 2020 dengan mengundang instansi terkait dan penyelenggara dalam pelaksanaan tahapan pilkada serentak, Rabu (21/10). Dalam rapat tersebut dibahas pemetaan titik rawan tempat pemungutan suara (TPS) di Pilkada Tasik.

Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kompol Cucu Juhana menjelaskan, hasil dari rapat persamaan persepsi, kaitan kerawanan yang akan muncul pada saat pemilihan 9 Desember 2020.

Baca juga : Jaga Protokol Kesehatan ala Seniman Kota Tasik

Pertama dipetakan kerawanan pelanggaran protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dan lokasi TPS yang rawan bencana dan sulit dijangkau ketika mendistribusikan logistik pemilu.

Kata dia, lokasi TPS yang rawan bencana baik longsor atau pun banjir ada 19 kecamatan di antaranya Kecamatan Parungponteng, Sodonghilir, Bantarkalong, Cipatujah, Karangnunggal dan kecamatan lainnya.

Maka dari itu, jelas dia, untuk mengantisipasi segala sesuatu hal yang terjadi, Polres Tasikmalaya akan menambah bantuan personil baik meminta bantuan kepada Polres Tasikmalaya Kota, Polres Garut. Termasuk Brimob dan Dalmas dari Polda Jabar.

“Personel dari Polres Tasikmalaya sendiri ada dua pertiga atau 500 anggota, dari Polres Tasikmalaya Kota dan Garut ada 200 personel dan Polda Jabar 200 personel bantuan,” papar dia.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum Fachrudin SAg mengatakan, indeks kerawanan di Pilkada Tasik dari hasil rapat dengan semua stakeholder di Polres Tasikmalaya ada tiga hal. “Seperti indeks kerawanan bencana, penyebaran Covid-19 dan termasuk kerawanan politik uang.

Baca juga : 7 Pasien Positif Corona di Kota Tasik Meninggal

Jadi kita fokusnya atau titiknya di TPS, kita mengecek ke petugas penyelenggara di lapangan apakah TPS-nya aman atau dari sisi akses jalan bisa dilalui tidak,” terang dia.

Dari hasil pemetaan kerawanan, tambah dia, ada kurang lebih 19 TPS yang masuk ke rawan bencana dan lokasi atau akses jalannya cukup sulit dalam mendistribusikan logistik untuk Pilkada Tasik. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.