Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.1%

19.7%

8.1%

68.1%

Pilgub Tasik, Calon Independen Hadir Sebagai Orang Berprinsip & Pembeda

1117
0
OPTIMIS. Bakal calon dari jalur independen, Cep Zamzam mengaku optimis bisa lolos verifikasi faktual KPU.

TASIK – Bakal Calon Bupati Tasikmalaya dari jalur perseorangan (independen), Cep Zamzam Dzulfikar Nur menyemangati masyarakat yang siap memberikan dukungan atas kehadiran independen di Pilkada Tasikmalaya 2020.

Menurutnya, publik harus bangga adanya pasangan calon yang maju dari jalur mandiri tersebut.

Baca juga : Pintu Tol Cigatas di Kota Tasik Tetap di Jalan Swaka

“Independen itu merupakan sikap orang yang berprinsip. Artinya kita hadir sebagai pembeda, ketika kita dipercaya, maka kita akan kontrak politik langsung masyarakat,” ujarnya kepada Radar, Senin (6/7).

Cep Zamzam menegaskan jika pilihannya maju sebagai calon independen penuh dengan tantangan. Namun, dirinya siap menghadapi semua itu dengan keikhlasan dan keyakinan.

“Maju dari independen ini sangat mulia, karena kita yang mengatur sendiri semuanya. Sehingga akan sangat terasa perjuangannya,” terang dia.

Baca juga : 4 Kesalahpahaman Umum tentang Forex

Dia pun mengimbau agar para pendukungnya tidak berkecil hati dengan keterbatasan yang ada. Sebaliknya, keterbatasaan itu harus menjadi kebanggaan.

“Keterbatasan yang dihadapi sekarang adalah pilihan dan pilihan itu menunjukkan karakter seseorang. Tunjukkan karakter kita sebagai orang independen,” paparnya.

Untuk itu, kata Cep Zamzam, dirinya tengah fokus dalam mengawal proses verifikasi faktual (verfak) yang dilakukan KPU terhadap syarat dukungan calon perseorangan.

“Saya sendiri sudah menerjunkan tim untuk mengawasi dan mengawal bersama pelaksanaan verfak. Karena proses tahapan inilah yang menentukan independen bisa daftar atau tidaknya ke KPU,” tuturnya.

Cep Zamzam yang merupakan salah satu pengelola di Ponpes Nurul Wafa, Gununghideung Sukarame itu optimis lolos verfak.

Sebab apabila ada kekurangan, KPU memberikan waktu untuk perbaikan.

”Saya yakin hasil verfak syarat dukungan calon perseorangan akan lebih dari syarat minimal 88.820. Dan bisa lolos mendaftar ke KPU untuk maju di Pilkada Tasik,” tegasnya.

Sambil menunggu hasil verfak, kata Cep Zamzam, pihaknya terus meyakinkan publik dengan melaksanakan road show dan silaturahmi memperkenalkan diri terhadap unsur tokoh masyarakat, ulama dan ajengan di seluruh penjuru wilayah di Kabupaten Tasikmalaya.

“Hingga kini sudah 2.800 lebih tokoh yang kita datangi dan silaturahmi di seluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Sambil melakukan penguatan struktur tim di setiap kecamatan hingga TPS,” ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, menjual visi dan misi serta program dari independen dengan Tasik Baru Berbasis Pesantren. Membangun komitmen bersama seluruh tokoh di Kabupaten Tasikmalaya.

“Kita terus bersilaturahmi, berikhtiar dan berusaha secara maksimal. Karena kita yakin apabila telah berjuang secara all out maka hasilnya akan sesuai ekspektasi,” paparnya,

Ditentukan Lewat Verfak

Langkah pasangan calon dari jalur independen Cep Zamzam Dzulfikar Nur dan Padil Karsoma (CEKAS) di pentas Pilkada Tasik tinggal satu langkah lagi.

Saat ini, petugas dari KPU tengah melaksanakan verfak terhadap syarat dukungan bakal calon perseorangan yang sudah dimulai sejak 29 Juni hingga nanti berakhir 12 Juli 2020.

Penentuan lolos tidaknya CEKAS akan ditentukan melalui verfak ini.

KPU sendiri hingga Senin (6/7) sudah memverifikasi sekitar 70 persen dari syarat dukungan yang diberikan calon independen sejumlah 108 ribu suara.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin SAg menerangkan bahwa bakal calon independen belum dipastikan lolos untuk mendaftar ke KPU.

“Belum, karena kita masih melaksanakan verfak syarat dukungan calon perseorangan di lapangan sampai 12 Juli nanti. Baru nanti tanggal 20 Juli, setelah di plenokan di tingkat kabupaten, kita putuskan lolos atau tidak,” terang Jajang kepada Radar, Senin (6/7).

Sampai saat ini, verifikasi faktual terhadap syarat dukungan bakal calon perseorangan sudah diverifikasi sekitar 70 persen.

“Dari jumlah syarat dukungan independen 108.228 suara yang akan diverifikasi oleh KPU,” ungkap dia.

Baca juga : Positif Corona di Kota Tasik Nambah 1 dari Warga Jakarta Utara

Menurut dia, 70 persen tersebut sekitar 80 ribu lebih syarat dukungan yang sudah diverifikasi faktual. Ada yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) ada juga Memenuhi Syarat (MS).

”Kita belum bisa sampaikan data berapa kekurangan syarat dukungan independen yang TMS atau MS. Ya kalau dihitung-hitung lebih banyak MS-nya. Nanti setelah ada legalitas yaitu hasil pleno KPU dan PPK, baru diumumkan, berapa yang MS atau TMS,” ujar dia. (kim/dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.