Pilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

68
TALK SHOW. Kepala SMKN 2 Tasikmalaya Dr H Wawan SPd MM saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV Rabu (12/6). Fakhtur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Tasikmalaya membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 mulai pada 17 hingga 22 Juni. PPDB tersebut merujuk pada Permendikbud No. 51 Tahun 2018.

Kepala SMKN 2 Tasikmalaya Dr H Wawan SPd MM mengatakan untuk PPDB SMK tidak menggunakan sistem zonasi. Namun, pendaftar harus menempuh tes minat dan bakat serta tes kesehatan untuk kompetensi keahlian tertentu.

“Pendaftaran mulai Senin (17/6), verifikasi atau uji kompetensi pada 24 hingga 26 Juni. Adapun pengumuman hasil seleksi tanggal 29 Juni,” jelasnya saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV Rabu (12/6).

Adapun persyaratan PPDB saat ini, kata ia, calon peserta didik diberi kesempatan memilih salah satu dari tiga jalur yang disediakan yakni jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) 20 persen, prestasi Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) 70 persen, prestasi non NHUN 5 persen dan jalur perpindahan orang tua 5 persen.

Ia menghimbau calon peserta didik baru untuk mengetahui potensi dirinya. Sehingga dapat memilih kompetensi sesuai dengan dengan minat atau bakatnya.

“Jangan sekali-kali orang tua untuk memaksakan jurusan yang tidak disukai anak, hampir 99 persen gagal. Pengalaman tahun kemarin seratus orang mundur. Karena, tidak sesuai dengan minat dan bakat anak,” ujarnya.

Lanjutnya, SMKN 2 membuka 23 rombongan belajar (rombel) dengan pilihan tujuh program keahlian dan tiga belas kompetensi keahlian. Pertama Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti, Program Keahlian Teknik Pemesinan, Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Program Keahlian Teknik Elektronika, Program Keahlian Teknik Otomotif, Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika serta Program Keahlian Teknik Program Produksi Pertelevisian.

Bagi pendaftar akan diuji tes potensi akademik untuk menggali potensi siswa. Untuk jurusan tertentu, kata ia, ada syarat khusus seperti tinggi minimal perempuan 150 cm dan laki-laki 155 cm, mata normal atau tidak boleh berkaca mata dan tidak boleh buta warna.

“Ada jatah 40 siswa baru yang masuk melalui jalur prestasi seperti tahfiz Alquran, seni, dan olahraga,” katanya.

Ia menambahkan, SMKN 2 Tasikmalaya akan membuka kelas prestasi di 13 kompetensi keahlian. Siswa yang berhak masuk ke kelas tersebut dari hasil tes potensi akademik dan hasil nilai ujian nasional. (mg1)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.