Beranda Ciamis Pilkada, Netralitas Tentara Harus Dijaga

Pilkada, Netralitas Tentara Harus Dijaga

23
0
BERBAGI
ISTIMEWA KUNJUNGI KODIM. Komandan Korem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Tatan Ardianto SIP menyalami anggota Kodim 0613/Ciamis saat berkunjung Jumat (12/1).

CIAMIS – Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, netralitas TNI dipelototi. Apalagi ada figur berlatarbelakang militer yang turut serta menjadi bakal calon dalam helatan Pilgub Jawa Barat.
“Anggota (TNI) kan tidak boleh terlibat politik praktis atau mencalonkan. Kecuali keluar dari institusi dan pensiun. Sementara yang lain harus tetap netral tidak berpihak ke siapa pun,” tandas Komandan Korem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Tatan Ardianto SIP usai memberi pengarahan di Kodim 0613/Ciamis Jumat (12/1).
Selama penyelenggaraan Pilkada serentak, lanjutnya, TNI harus bekerjasama dengan kepolisian menjaga keamanan dan netralitas anggota. Jika ada anggota militer yang kedapatan tidak netral, maka seperti halnya ASN, akan diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku. “Kita imbau anggota untuk mematuhinya, sebab ada sanksi bagi yang melanggar,” tegasnya.
Menghadapi Pilkada serentak, lanjutnya, keamanan wilayah di Ciamis masih terbilang kondusif. Tak ada ancaman dan gangguan keamanan yang berarti. “Dari sisi keamanan, tentunya anggota militer bekerjasama dengan aparat kepolisian dalam membantu jalannya perhelatan Pilkada. Ditambah dukungan dari komponen bangsa seperti pemda, tokoh agama, masyarakat dan pemuda,” papar Tatan.
Dalam arahannya, Tatan juga berpesan agar anggota Kodim 0613/Ciamis bersinergi dengan masyarakat dan saling menahan diri dalam menghadapi situasi politik yang memanas. “Sebab, siapapun yang menang, itu adalah kemenangan semua. Pemimpin tentunya kembali ke masyarakat dan memiliki tujuan baik dalam membangun daerah,” pungkasnya. (igi)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here