Pilkades Dimulai Bulan Agustus

99
0

PARIGI – Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani mengatakan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019, akan dimulai bulan Agustus mendatang.

“Akan tetapi sampai saat ini Peraturan Bupati (Perbup) terkait pelaksanaan Pilkades tersebut belum jadi,” ungkapnya kepada Radar, Senin (25/6).

Akan tetapi, lanjut dia, untuk draft pengajuan perbup sudah disebarkan ke tiap desa untuk dipelajari. “Karena isi perbup tidak jauh dari tahun-tahun sebelumnya, hanya ada beberapa perubahan saja,” ujarnya.

Perubahan tersebut tidak terlalu signifikan, hanya pada jumlah desa, peserta dan masa jabatan. “Terus kita hanya mengubah tanggal dan bulan saja dan tahapan sendiri dilakukan mulai Agustus,” tuturnya.

Untuk anggaran yang digelontorkan dari Pemkab Pangandaran hanya sebesar Rp 1,5 Miliar, sementara sisanya dibebankan kepada masing-masing desa yang berjumlah 68.

”Kalau dari kita untuk membiayai hal-hal yang prinsip seperti saksi, pembuatan kartu suara dan lain-lain, sementara yang dibebankan ke APBdes makan minum dan lain-lain, lalu keamanan itu di Satpol PP,” jelasnya.

Pada Pilkades sebelumnya, Pemkab mengeluarkan anggaran hingga Rp 400 juta. ”Dan itu hanya untuk beberapa desa saja, sementara saat ini yang melaksanakan Pilkades ada 68 desa,” katanya.

Sementara itu, Sekdis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tjomi Suryadi mengatakan Perbup mengenai Pilkades tersebut masih dalam digodok di Bagian Hukum Setda Pangandaran. ”Secepatnya rampung,” terangnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.