26 September 2019 Pendaftaran Dibuka

Pilkades, Panggungnya Tokoh Desa

140
0
SEPI. Suasana di lobi Desa Margacinta Kecamatan Cijulang kemarin (11/7). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
Loading...

PANGANDARAN – Peraturan Bupati (Perbup) Pangandaran mengenai tahapan dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019 sudah resmi diterbitkan.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani menuturkan dalam Perbup tersebut dilampirkan jadwal sosialiasi hingga pelaksanaan Pilkades 2019. Sosialisasi Pilkades akan dimulai tanggal 5 Agustus.

”Di masing-masing desa sosialisasi dimulai tanggal 6 Agustus -19 Agustus, kemudian akan dibentuk pelantikan panitia pemilihan,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (11/7).

Untuk penyusuan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan dimulai tanggal 29 Agustus hingga 19 September. ”Untuk DPT akan diumumkan tanggal 20-24 September,” ujarnya.

Para calon kepala desa, kata dia, bisa mulai mendaftarkan diri tanggal 26 September -16 Oktober 2019. Apabila dalam proses pendaftaran tersebut dari satu desa tidak mendapatkan paling sedikit dua kandidat, maka proses pemilihan di desa tersebut akan ditunda. ”Jadi desa tersebut akan melaksanakan Pilkades di tahun berikutnya,” papar dia.

Menurut Dani, jumlah kandidat kepala desa maksimal hanya sampai lima orang, sedangkan jumlah pendaftarnya lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi tambahan. ”Seleksi tambahan itu dilaksanakan selama lima hari, di bulan November,” ungkap dia.

Untuk pemungutan suara Pilkades akan dilaksanakan tanggal 30 November 2019 dan penetapan dilaksanakan tanggal – 2 Desember 2019.”Nantinya, pelantikan paling lama 30 hari setelah penetapan,” jelasnya.

Loading...

Sekretaris Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran Tjomi Suryadi mengatakan Pilkades tahun ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. ”Yang beda cuman tanggal tahapan saja,” singkat dia mengakhiri. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.