Pilkades Serentak di Ciamis, 645 Personel Polisi Siap Perketat Pengawasan TPS

59
0

CIAMIS – Jelang pemungutan suara pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 15 Agustus, berbagai persiapan terus dimatangkan.

Termasuk penjagaan ketat di tempat pemungutan suara (TPS), supaya masyarakat bisa menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga : Rp9 M untuk Revitalisasi dan Pembangunan Museum Galuh Pakuan Ciamis

Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan  Desa (DPMPD) Kabupaten Ciamis Risa Sugar SSTP MSi mengatakan, pada pelaksanaan pilkades serentak kali ini jumlah TPS-nya mencapai 553 dengan pemilih 501.380 orang.

“Jadi TPS tidak dipusatkan di satu lokasi, tapi sengaja disebar supaya mengurai kerumunan dalam pemungutan suara sehingga bisa mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya saat dihubungi Radar, Jumat (7/8).

Selain pengetatan oleh TNI Polri, kata dia, pihaknya sudah meminta para petugas di TPS menggunakan masker dan menyediakan tempat cuci tangan.

“Jadi ketika waktu pemungutan suara atau pencoblosan di TPS diperketat penjagaan dan imbauan untuk menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya, menjelaskan.

Kasubag Humas Polres Ciamis IPTU Lena Magdalena mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 645 personel untuk menjaga di 553 TPS.

Hal itu dilakukan untuk berbagai antisipasi, baik tingkat kerawanan dan sebagainya sudah dilakukan. Termasuk memperketat dan mengatur masalah protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Jadi upaya kami benar-benar diperketat, serta terus mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan selama pemilihan nanti,” ujarnya, mengimbau.

Terpisah Ketua Panitia Pilkades Cibeureum Kecamatan Sukamantri H Iyay Tamaswara SPdi melalui Sekbid  Pendaftaran Alan Hariri SE mengatakan, sudah dilakukan persiapan matang jelang pilkades serentak.

Baca juga : Rumah Warga Cijeungjing Ciamis Luluh Lantak Dilalap Api

Di wilayahnya akan ada lima TPS untuk memungut suara, sehingga masyarakat tidak berdesak-desakan dan tetap menerapkan jaga jarak dalam menyalurkan hak suaranya.

“Kemudian ada pengaturan juga, yang mencoblos dan masuk ke bilik suara dibatasi lima orang lima orang dan prosesnya dipercepat, sehingga pukul 13.00 bisa segera selesai,” ujarnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.