Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3%

19.1%

7.2%

70.7%

Pilkades Serentak Diundur Picu Gejolak Warga, Bupati Ciamis Harus Lobi Ulang Mendagri

896
0

KETUA Fraksi PAN Jawa Barat Ir H Herry Dermawan berharap ilkades serentak tetap dilaksanakan. Karena waktu pelaksanaannya tinggal empat hari lagi.

Herry mengingatkan pemerintah pusat bahwa penundaan pilkades serentak di Ciamis dikhawatirkan bisa menuai protes.

Baca juga : Ribuan Warga di 143 Desa Pilkades Ciamis Berang, Kebijakan Mendagri Keterlaluan

Karena para calon kepala desa dan pendukungnya telah mempersiapkan segalanya untuk hajatan demokrasi tersebut.

“Artinya, semua calon kepala desa pasti punya pengikut. Kita tidak kepingin nantinya protes dan Ciamis bisa bergejolak dan tidak kondusif,” ujar Herry.

Kata Herry, sebelumnya sudah beberapa kali ditunda. Jadi diharapkan Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya MM kembali meyakinkan Kementerian Dalam Negeri agar mengeluarkan dispensasi, karena Pilkades Ciamis sudah siap digelar.

“Pemda Ciamis sudah siap. Panitia sudah siap dari mulai SK Bupati, kampanye dilaksanakan, DPT dan sebagainya tinggal pencoblosan. Saya kira bukan persoalan zona hijau atau kuning di Ciamis, toh pilkada juga bisa dilaksanakan tentunya pilkades Ciamis harus segara dilaksanakan,” ujarnya.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Didi Sukardi SE menyarankan diambil jalan tengah terkait Pilkades Serentak Ciamis.

Dia sepakat dengan langkah Bupati Herdiat yang akan meminta pertimbangan Kemendagri agar Kabupaten Ciamis diberikan izin untuk tetap melaksanakan pilkades karena waktunya tinggal empat hari lagi.

“Surat Mendagri itu hubungannya dengan pilkada serentak untuk di Ciamis ini tidak ada pilkada, sehingga relatif di Kabupaten Ciamis ini kondusif. Jangan disamakan dengan kabupaten dan kota lain. Kalau dibatalkan banyak psikologis masyarakat yang dirugikan,” ujarnya.

Penundaan lagi pilkades serentak akan merugikan masyarakat dan kandidat. Karena banyak masyarakat yang tidak bepergian keluar kota karena akan mengikuti pilkades. Bahkan ada dari kota yang datang untuk bisa ikut pilkades.

“Saya sepakat dengan bupati Ciamis menyurati Mendagri akan mendapatkan persetujuan agar Pilkades dilaksanakan, karena di berbagai kota dan kabupaten lain yang sebentar lagi pelaksanaannya,” paparnya.

Baca juga : Batalkan Pilkades Serentak, Mendagri Usik Rasa Keadilan Masyarakat Ciamis

Dia yakin Pilkades di Ciamis akan dijalankan dengan protokol corona karena itu sudah menjadi standar operasional prosedur dalam pencegahan penularan virus corona.

“Artinya dalam persoalan ini, Pilkades jalan, tentunya protokol corona tetap harus jalan,” paparnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.