Calon Kades Maksimal Lima dan Minimal Dua Orang

Pilkades Tak Bisa Calon Tunggal

26

TASIK – Pemilihan kepala desa (pilkades) tidak bisa dilaksanakan apabila hanya ada calon tunggal. Hal itu diungkapkan Kabid Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya, Agianto Ahmad Tahir kepada Radar, Selasa (11/6).

Kata dia, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) No 37 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pencalonan Pemilihan Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa dan Penjabat Kepala Desa. “Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa maksimal calon pada pilkades sebanyak lima orang dan minimal dua orang,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Jelas dia, apabila dalam pelaksanaan pilkades hanya ada satu calon yang mendaftar, desa tersebut tidak bisa melaksanakan pilkades pada waktu serentak ini. Melainkan bisa menyelenggarakan pilkades pada gelombang selanjutnya.

“Mudah-mudahan semuanya bisa serentak. Apalagi sekarang ada aturan bahwa calon kades bisa dari luar daerah. Sehingga kemungkinan banyak pendaftar,” harapnya.

Namun, lanjut dia, apabila dalam pendaftaran ada lebih dari lima calon kades akan dilakukan seleksi. Itu dilakukan untuk menentukan lima kandidat yang berhak ditetapkan jadi calon kades. “Kita siapkan rencana kalau ada desa yang calonnya lebih dari lima orang,” terangnya. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.