Pimpinan NU Serahkan Burung Cendrawasih

91
0
SERAHKAN. Rais Syuriah PCNU Kabupaten Garut KH Rd Amin Muhidin menyerahkan burung cendrawasih ke BKSDA Wilayah V Garut kemarin.

LIMBANGAN – Rais Syuriah PCNU Kabupaten Garut KH Rd Amin Muhidin menyerahkan burung cendrawasih kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Garut Rabu siang (18/12). Penyerahan burung endemik Papua yang sudah dirawat selamat tiga tahun itu dilakukan setelah Pimpinan Ponpes As-Saadah mengetahui burung tersebut langka dan dilarang dipelihara.

“Saya dapat burung ini dikasih teman dari Ciamis. Terus dirawat sama santri di sini,” ujar KH Amin atau Ceng Mimin di Pondok Pesantren As Saadah Desa Limbangan Tengah Kecamatan Limbangan kemarin.

Dirinya baru mengetahui burung peliharaannya merupakan satwa dilindungi dan dilarang dipelihara. Dia pun langsung berkoordinasi dengan polisi untuk menyerahkan burung cendrawasih itu kepada yang berwenang. “Saya hari ini (kemarin, Red) serahkan dengan penuh kesadaran,” ujarnya.

Dia berharap burung candrawasih yang diserahkannya bisa dikembalikan ke habitat aslinya. Dia pun berharap dengan penyerahan itu bisa menjadi contoh bagi yang lain. Jangan memaksakan diri memelihara satwa dilindungi. “Populasinya kan semakin berkurang makanya dilindungi. Jadi lebih baik diserahkan saja,” katanya.

Kasi BKSDA Wilayah V Garut Dodi Arisandi mengatakan sebelum dilepasliarkan burung cendrawasih akan dititipkan di Taman Satwa Cikembulan. Burung tersebut akan dikarantina terlebih dulu dan mendapat perawatan. “Jika nanti setelah dirawat sudah siap dilepasliarkan, akan kami lepas. Lihat perkembangannya dulu,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.