Pindah Domisili Hambat Verifikasi

92
0

CIAMIS – Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 di Kabupaten Ciamis mencapai 939.911 pemilih. Data tersebut masih bisa berubah seiring dengan pendataan yang sedang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Ciamis Said Attanzani menerangkan, pihaknya masih meng-update data pemilih tersebut karena tidak menutup kemungkinan ada pemilih yang pindah, anggota TNI dan Polri yang jadi warga biasa setelah pensiun atau pemilih yang meninggal dunia. “Yang menjadi kendala kita justru adanya pemilih yang pindah domisili tapi tidak melapor kepada PPS setempat,” tutur Said kepada Radar, Selasa (19/3).

Dia meminta pemilih yang pindah domisili memberitahukan kepindahannya ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat agar tidak menyulitkan petugas lapangan dalam memperbaharui data pemilih. “Kami mohon bantuannya kepada masyarakat demi kelancaran para petugas di lapangan,” ujar dia.

Menurut dia, kemarin, pleno Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sudah dilaksanakan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pada Rabu (20/3) akan dilaksanakan pleno perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbaru di Aula Hotel Priangan. “Kami dari KPU juga akan terus update DPT sampai 23 Maret 2019,” kata dia.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondusivitas pemilu meski berbeda-beda pilihan. Sepanjang sejarah, pelaksanaan pemilu di Kota Galendo selalu berjalan aman dan lancar. “Gunakan hak pilih secara konstitusional,” tutur dia.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pada Pasal 348 ayat (1), pemilih yang berhak mengikuti pemungutan suara di TPS meliputi: a. pemilik kartu tanda penduduk elektronik yang terdaftar pada daftar pemilih tetap di TPS yang bersangkutan; b. pemilik kartu tanda penduduk elektronik yang terdaftar pada daftar pemilih tambahan; c. pemilik kartu tanda penduduk elektronik yang tidak terdaftar pada daftar pemilih tetap dan daftar pemilih tambahan; dan d. penduduk yang telah memiliki hak pilih.

Ayat (2), pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dan huruf b dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS lain/TPSLN dengan menunjukkan surat pemberitahuan dari PPS untuk memberikan suara di TPS lain/TPSLN.

Ayat (3), pemilih dengan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS/TPSLN lain.

Ayat (5), calon pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (3) harus melapor ke KPU kabupaten/kota tempat tujuan memilih. (isr/snd)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.