Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19.1%

7.1%

71%

Pilbup Kabupaten Tasik, PKB-Golkar Koalisi Strategis Dukung Iwan

101
0

SINGAPARNA – Pengamat politik Kabupaten Tasikmalaya yang juga mantan ketua KPU, Deden Nurul Hidayat menilai pilihan yang strategis, jika PKB, Golkar dan Demokrat memilih Iwan Saputra menjadi calon bupati di Pilkada 2020.

“Saya melihat yang dilakukan PKB dan Golkar dengan membangun komunikasi merupakan langkah strategis untuk menghadapi Pilkada 2020. Bahkan dengan kehadiran Iwan Saputra di tengah-tengah politisi senior itu menunjukkan semakin kuatnya sinyal kedua partai itu akan mendukung Iwan,” ujarnya kepada Radar, Rabu (18/9).

Kata Deden, sangat strategis sekali ketika Golkar dan PKB mendekati Iwan untuk dijadikan kandidat calon bupati.

Karena dari segi popularitas dan elektabilitas sudah tidak diragukan lagi. Semua kalangan sudah mengenalnya dengan baik, karena merupakan birokrat yang kenyang pengalaman. “Jadi tinggal mencari figur untuk menjadi pendampingnya,” ujarnya.

Lanjut dia, kalau bicara dari PKB ada beberapa nama yang layak seperti Acep Adang, Oleh Soleh, Haris Sanjaya dan Iip Miftahul Paoz.

“Tinggal seperti apa kesepakatannya, apakah PKB dengan raihan kursi lebih banyak dari Golkar bersedia memberikan posisi z2 atau seperti apa. Itu semua berdasarkan kebijakan partai masing-masing, terutama DPP-nya,” katanya.

Menurut dia, dengan munculnya gerbong koalisi Golkar, PKB dan Demokrat jelas akan semakin terang peta politik jelang Pilkada 2020. Apalagi ketika koalisi ini terjadi bisa cukup ideal, karena menyentuh nasionalis dan agamais.

Tinggal PAN, Gerindra, PKS, PPP dan PDIP menentukan arah koalisi. “Saya berharap banyak figur yang muncul dan tidak terjadi lagi calon tunggal,” harapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKB H Oleh Soleh mengatakan, memang kapasitas Iwan dalam silaturahmi dengan Ketua Fraksi Partai Golkar Jabar Yod Mintarga sebagai representasi kandidat calon bupati di Pilkada 2020.

“Ya intinya beliau (Iwan, Red) memiliki visi yang sama dengan PKB dan Golkar di Pilkada 2020 untuk Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Oleh saat dihubungi Radar, Rabu (18/9).

Lanjut dia, PKB juga bertemu dengan Iwan Saputra mewakili pengurus DPW Jabar untuk penjajakan jelang Pilkada 2020 di Kabupaten Tasikmalaya.

“Intinya mekanisme penjajakan calon di PKB sangat terbuka dengan siapa pun, baik eksternal dan internal. Yang utama PKB punya kapasitas dan kapabilitas memajukan Kabupaten Tasikmalaya,” jelasnya.

Menurut Oleh, PKB tidak melihat kader internal atau eksternal, tetapi melihat ke depan apa yang diinginkan masyarakat Tasikmalaya. “Di sanalah PKB mampu menjembatani keinginan masyarakat,” ucapnya.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Jawa Barat H Yod Mintaraga mengatakan, pertemuan tersebut hanya kebetulan. Kemudian berbincang bagaimana pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya, termasuk sedikit soal Pilkada 2020.

“Jadi semua obrolan mengarah kepada bagaimana membangun Tasikmalaya lima tahun ke depan. Soal figur kita punya mekanisme partai tersendiri, soal koalisi sebagai seorang pengurus parpol pastinya terus melakukan komunikasi dan penjajakan. Jadi pertemuan dengan Pak Oleh dan Iwan tidak ada konteks pertemuan partai,” kata Yod. (diki setiawan/ yanggi f)

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.