Calon Bupati Harus Religius dan Nasionalis

PKB Menyiapkan Tiga Kandidat untuk Calon Bupati

164
0

PANGANDARAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pangandaran mulai memanaskan mesin partai. Mereka bersiap diri menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ada tiga nama yang sudah mereka siapkan. Semuanya dari internal partai yang didirikan kiai dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini.

”PKB siap mengusung dari internal partai. Kita juga akan mencoba mengonsultasikan tiga nama kandidat ke DPP. Kemungkinan minggu depan,” ujar Ketua DPC PKB Kabupaten Pangandaran Jalaludin kepada Radar Jumat (28/6).

Menurutnya, ketiga kandidat tersebut merupakan figur penting di internal PKB dan di lingkungan NU.

”Siapa-siapanya belum bisa kita munculkan. Nanti saja kalau sudah pelantikan, saya akan sampaikan,” tuturnya.

Jalal, begitu akrab disapa, mengatakan PKB akan terlebih dahulu mementingkan internal sebelum melakukan penjaringan secara terbuka.

”Termasuk kita juga akan menampung (mandat, Red) figur dari NU, karena kita sudah menganggap NU itu internal partai,” kata dia menjelaskan.

Adapun kriteria kandidat yang diinginkan PKB yaitu seorang yang nasionalis dan religius. Hal itu juga menjadi syarat utama pengusungan.

”Kita tidak mematok hanya pada urusan religius saja, karena ia juga akan mengurus negara, jadi figur nasionalis juga sangat penting ” ucapnya.

PKB mencari pemimpin ideal dan punya karakteristik kepemimpinan di lingkungan NU serta tahu tentang Pangandaran. ”Kita tidak akan melakukan naturalisasi,” ungkapnya.

Sementara untuk urusan koalisi partai, menurut Jalal, pihaknya belum berpikir sampai ke arah sana. ”Kami baru membahas soal koalisi di parlemen saja. Kalau untuk koalisi di Pilkada masih belum,” tuturnya.

Pada perhelatan pilkada sebelumnya, PKB bersama empat partai lainnya yakni Gerindra, Nasdem, Hanura dan Demokrat berkoalisi mengusung Azizah Talita Dewi dan Cucu Sulaksana. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.