Plaza Asia Kumpulkan 500 Labu Darah

27
0
BAKSOS. Karyawan Plaza Asia mendonorkan darahnya di Exhibition Hall 2 Selasa (10/12). Sepanjang 2019 Plaza Asia telah mengumpulkan lebih dari 500 labu darah. Lisna Wati / Radar Tasikmalaya

TASIK – Plaza Asia Tasikmalaya kembali menggelar bakti sosial donor darah di Exhibition Hall 2 Selasa (10/12). Dari kegiatan yang bekerja sama dengan Yayasan Setetes Darah Sejuta Harapan (Setara) tersebut berhasil terkumpul 107 labu darah.

Retail and Operational Manager Plaza Asia Tasikmalaya Roni Apriliasyah mengatakan donor darah merupakan agenda rutin Plaza Asia. Donor darah kali ini yang kelima sekaligus terakhir di tahun 2019.

“Lebih dari 500 labu terkumpul dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan Plaza Asia Tasikmalaya selama 2019 ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan, rata-rata labu darah yang dihimpun dari setiap kegiatan donor darah selalu di atas 100 labu.

“Targetnya 100 labu per donor darah dan itu suka tercapai. Meskipun begitu, tergantung kondisi yang daftar. Karena tidak semua pendaftar bisa donor. Bisa kurang Hb atau lainnya,” terangnya.


Dikatakan Roni, dalam setahun bisa terkumpul 500 bahkan 600 labu dari kegiatan donor darah Plaza Asia. Banyak para pendonor rutin seperti karyawan atau masyarakat sekitar yang melakukan donor di Plaza Asia Tasikmalaya.

Selain itu, banyak juga pendonor baru yang tertarik mendonasikan darahnya untuk membantu sesama. “Terkadang, pengunjung lihat ada donor darah, jadi ikut. Mungkin kalau (donor darah, Red) di mal nyantai, nggak tegang. Ini yang diharapkan, ada para pendonor baru,” katanya.

Apabila ada momentum tertentu seperti ulang tahun Plaza Asia Tasikmalaya, kegiatan donor darah akan dikemas lebih menarik dengan dimeriahkan hiburan dan disediakan juga hadiah sebagai apresiasi.

Ketua Yayasan Setara Bayhaqi Umar mengatakan bahwa lebih dari 500 labu yang berhasil dihimpun dari kegiatan donor darah Plaza Asia Tasikmalaya menjadi sumber untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Tasikmalaya serta memenuhi stok untuk momen tertentu.

Pihaknya juga mengapresiasi kegiatan donor darah di Plaza Asia Tasikmalaya dapat menarik para pendonor baru.

“Kegiatan donor darah seperti di mal, kondisinya santai. Jadi masyarakat bisa melihat bagaimana proses donor darah. Ada yang belanja, sekalian donor,” katanya.

Berdasarkan data di Yayasan Setara, pendonor darah di Plaza Asia Tasikmalaya banyak dari luar kota. “Ada yang dari Banjarmasin, Jawa Tengah, Jawa Timur. Bisa saja itu karena ada keluarganya di sini, waktu jalan-jalan ke AP, mereka lihat ada kegiatan donor darah dan akhirnya ikut donor,” katanya. Menurutnya, ini menjadi satu fungsi mal dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat untuk peduli kepada sesama melalui donor darah. (rls/na)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.