Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4%

19.6%

8.1%

68.2%

PLN dan Polisi Sweeping Layangan di Wilayah Kota Tasik

457
0
Petugas PLN Gardu Induk (GI) Tasikmalaya bersama anggota Polsek Cihideung sweeping dan tertibkan pemain layangan. diki setiawan/ radartasikmalaya

TASIK – PLN Gardu Induk (GI) Tasikmalaya Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Ciamis bersama Polsek Cihideung menggelar sweeping dan penertiban layangan bertali kawat, Minggu (13/09).

Sweeping ini dilaksanakan di beberapa titik seperti di Bantar, Lewo, Cieunteung dan Cilembang Kota Tasik.

Dari hasil penertiban didapat beberapa anak yang bermain layangan di sekitar gardu dan jaringan listrik PLN.

Tampak petugas PLN dan Polsek Cihideung Kota Tasik memberikan wejangan kepada para pemain layangan.

Manager Unit Layanan Transmisi Gardu (ULTG) Induk Ciamis Azwar Haris mengatakan, dalam operasi gabungan ini PLN dan kepolisian tidak hanya menertibkan para pemain layangan dengan benang kawat.

“Akan tetapi memberi penyuluhan ataupun edukasi mengenai akan bahaya bermain layangan dekat dengan saluran transmisi atau gardu listrik,” terang Azwar, kepada Radar.

Dia berharap dengan adanya operasi gabungan dalam penertiban layang-layang dengan benang kawat ini dapat menghilangkan kebiasaan para pemain layang-layang yang menggunakan benang kawat.

“Juga membuat para pemain layang-layang untuk tidak lagi bermain dekat dengan gardu atau jalur transmisi listrik,” ungkap dia.

Menurut dia, hasil dari operasi gabungan yang dilaksanakan Sabtu-Minggu (12-13/09) ditemukan cukup banyak pemain layangan yang menggunakan kawat besi.

Bahkan, tambah dia, kepolisian dan PLN melakukan penyitaan terhadap kawat benang layangan dan memberi peringatan terhadap para pemain.

“Kita berikan edukasi dan himbauan untuk tidak lagi menggunakan benang kawat dalam bermain layang-layang serta untuk tidak bermain di sekitar saluran transmisi listrik,” tambah dia.

Kapolsek Cihideung Kompol Setiyana SH MSi menambahkan, kepolisian pun ikut menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga aset yang dimanfaatkan untuk kepentingan umum, terutama listrik.

“Untuk seluruh masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya, khususnya dibawah naungan wilayah Polsek Cihideung, dihimbau untuk menumbuhkan kesadaran dalam menjaga aset yang sifatnya dimanfaatkan untuk kepentingan umum,” papar dia.

Menurut dia, kepolisian juga memberi dukungan penuh terhadap kegiatan penyuluhan dan sweeping terhadap para pemain layangan yang menggunakan tali kawat dan di sekitar saluran transmisi listrik oleh PLN.

Dia menambahkan, sebagai wujud nyata dalam mendukung kegiatan tersebut, kepolisian akan menindak tegas bagi para pemain layangan yang masih membandel menggunakan tali kawat.

“Kami dari pihak kepolisian akan menindak tegas bagi para pelaku pemain layangan yang masih membandel menggunakan benang kawat agar dapat memberi efek jera terhadap para pelanggar tersebut,” tambah dia.

(diki setiawan)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.