PLN Pastikan Sutet di Atas SD Aman

121
0
DIPASTIKAN AMAN. Manajer ULTG Induk Ciamis PLN UPT Cirebon Azwar Haris (kanan) dan Pelaksana Tugas Kepala SD Cintajaya, Tanjungjaya saat diwawancara soal sutet di halaman SDN Cintajaya Rabu (18/12).

TANJUNGJAYA – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelayanan Teknis (UPT) Cirebon memastikan saluran udara tegangan tinggi (Sutet) Jawa-Bali di atas bangunan SDN Cintajaya, Desa Cintajaya, Tanjungjaya aman.Kepastian tersebut setelah Unit Layanan Transmisi Gardu Induk Ciamis membawahi Tasik, Banjar, Pangandaran dan Karangnunggal PLN UPT Cirebon melakukan penelitian.

Manager Unit Layanan Transmisi Gardu (ULTG) Induk Ciamis PLN UPT Cirebon Azwar Haris mengatakan kehadiran sutet di atas bangunan SDN Cintajaya memang kerap membuat takut dan cemas siswa dan guru serta orang tua murid. Apalagi, memasuki musim hujan kabel dari sutet kerap mengeluarkan suara mendengung.

Meski demikian, PLN UPT Cirebon sudah memastikan sekolah tersebut aman untuk aktivitas belajar mengajar, termasuk keseharian warga di sekolah tersebut.

”Pihak PLN UPT Cirebon sudah melakukan uji medan magnet dan medan listrik di SDN Cintajaya. Hasilnya, medan magnet dan medan listrik yang muncul masuk kategori aman untuk aktifitas belajar mengajar di sekolah,” terang Azwar di SDN Cintajaya, Rabu (18/12).

Menurut dia, hasil ukur medan magnet berjumlah 4,53 KV/M, sementara medan listriknya hanya 0,0042 MT. Angka ini masih di bawah standar WHO yang menyebutkan batas aman medan magnet 5 KV/M dan medan listrik 0,1 MT.

”Jadi hasil uji PLN UPT Cirebon medan magnet dan medan listrik di sekolah Cintajaya yang dilalui Sutet Jawa Bali masih aman. Di bawah ambang batas yang ditetapkan WHO, jadi warga anak-anak sekolah sama guru jangan takut lagi. Persoalan ada dengung suara itu juga tidak berpengaruh,” jelas dia.

Loading...

Pelaksana Tugas Kepala SDN Cintajaya Amin Bunyamin SPd mengatakan setelah mendapatkan pemahaman dan penjelasan hasil penelitian dari PLN UPT Cirebon, warga pendidikan di SDN Cintajaya merasa lega dan nyaman. “Sehingga SDN Cin­tajaya dari 22 SD yang ada di Kecamatan Tan­jung­jaya, hanya satu SDN Cin­tajaya ter­lewati sutet, al­ham­dulil­lah mera­sa lega, dan tidak cemas khawatir lagi,” ungkap dia.

Siswa SDN Cintajaya Wildan (8) mengaku sering mendengar suara mendengung dari atas kabel Sutet. ”Suara mendengung suka terdengar dari saluran udara tegangan tinggi kalau hujan pak, takut tetapi nggak pernah ada yang kena petir di sekolahnya,” tutur dia.

Orang tua murid Suryati (44) mengaku kini lebih tenang dan tidak khawatir setelah mendengar penyampaian langsung dari pihak PLN.

”Awalnya khawatir pak sama anak yang sekolah takut mengganggu kesehatan anak. Setelah dapat penjelasan kalau listrik ini aman jadi tenang sekarang, sebelumnya memang cemas,” ujar dia. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.