Plt Wali Kota Banjar Dipersoalkan

102

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BANJAR – Beberapa mahasiswa yang mengatasnamakan Forum Keluarga Mahasiswa Kota Banjar menggelar audiensi dengan DPRD Kota Banjar. Mereka diterima Ketua DPRD Dadang R Kalyubi Senin (12/2).

Presidium Forum Keluarga Mahasiswa Kota Banjar Irvan Ali Syabana mengatakan kedatangannya untuk meminta DPRD mengirimkan surat ke Menteri Dalam Negeri, gubernur Jawa Barat dan Bawaslu RI terkait Plt Wali Kota Banjar. Dia meminta mendagri dan gubernur mempertimbangkan apabila hendak menjadikan Wakil Wali Kota Banjar drg Darmadji Prawirasetia menjadi plt wali kota.

Mereka menilai Darmadji tidak layak menjadi plt karena dianggap tidak netral. Mereka pun membawa bukti-bukti ketidaknetralan wakil wali kota baik secara terbuka maupun melalui media sosial. “Harus diisi oleh pejabat pimpinan tinggi pratama dari Pemprov Jabar atau Kemendagri,” katanya. Itu, menurutnya, sesuai Permendagri Nomor 74 tahun 2016 tentang Cuti Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota Diluar Tanggungan Negara.

Ketua DPRD Kota Banjar Dadang R Kalyubi mengatakan pihaknya akan menampung terlebih dulu masukan dan bukti dari mahasiswa terkait adanya temuan tidak netralnya wakil wali kota Banjar. “Kita tampung masukan tersebut karena kita tidak bisa menanganinya. Yang berhak itu oleh Bawaslu,” katanya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Banjar drg Darmadji Prawirasetia MKes mengakui sempat hadir dalam deklarasi salah satu pasangan calon beberapa waktu lalu. Tapi saat itu dirinya datang untuk memenuhi undangan. “Padahal saat itu belum ada pasangan calon, tidak netralnya dimana?” ungkapnya.

Sementara itu, saat ini dirinya mengaku belum menerima surat keterangan (SK) dari gubernur Jawa Barat sebagai plt wali kota Banjar. “Belum ada (SK, Red), kita tunggu saja besok mudah-mudahan sudah ada dan langsung bekerja 15 Februari sebagai plt wali kota Banjar,” tuturnya.

Kabag Tapem Setda Kota Banjar Irwan mengatakan rencananya hari ini akan mengambil SK rekomendasi Plt dari gubernur. “Ketika wali kota cuti otomatis wakil naik menjadi wali kota Banjar sementara,” ujarnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.