Plt Wali Kota Merasa Prihatin

119
0

PLT Wali Kota Banjar drg Darmadji Prawirasetia mengaku prihatin atas munculnya dugaan kasus kekerasan yang terjadi di salah satu sekolah tingkat atas di Kota Banjar.

Terlepas dari kewenangan provinsi, dia menyayangkan sikap kekerasan yang dilakukan oknum tenaga pendidik kepada siswanya itu.

“Nanti kita sampaikan ke balai yang merupakan perwakilannya yang ada di Ciamis untuk melakukan pemeriksaan ke sekolah yang bersangkutan. Secara pribadi saya menyampaikan rasa prihatin, kenapa harus menggunakan kekerasan dalam mendidik anak-anak sekolah,” kata Darmadji Senin (23/4).

Menurutnya, hukuman boleh diberikan oleh guru kepada siswa yang melanggar aturan. Namun bukan dengan menggunakan fisik.

“Kan bisa diberi hukuman misalnya push up, lari atau membuat karangan cerita, sampai siswa itu jera,” kata dia.

Hal berbeda diutarakan aktivis institute research and democracy (inreed) & advokat Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Kota Banjar Kukun Abdul Syakur Munawar SH, MH. Dia mengaku siap memberikan pendampingan bagi ‘MS’, oknum kepala sekolah yang diduga melakukan tindakan kekerasan terhadap enam siswanya.

Ia meminta PGRI Kota Banjar turun tangan untuk memberikan dukungan dan bantuan hukum bagi MS supaya tidak ada tindakan yang mengarah ke kriminalisasi tenaga pendidik.

“Karena pandangan saya guru atau kepala sekolah tersebut melakukan kekerasan dalam konteks pendidikan atau untuk mendidik supaya siswanya jera,” katanya.

Ia menjelaskan sebelum melangkah ke jalur hukum, ada baiknya kejadian ini diproses dulu oleh komite kode etik guru.

Langkahnya PGRI Kota Banjar memberikan rekomendasi kepada komite untuk melakukan penyelidikan atas kejadian ini.

“Prosesnya sebelum ke polisi harus melalui pemeriksaan kode etik dulu. Dan menurut saya sebaiknya kasus ini diselesaikan secara pendekatan restoratif justis yakni pola penyelesaian pidana yang melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku, keluarga korban dan aparat hukum. Semua duduk bersama ketimbang jalur pidana,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.