PNM ULaMM Kota Banjar & Wanaraja Kembangkan Sektor Gula Merah

298
0
PT PNM menggelar pelatihan dalam mengembangkan produksi gula merah Kota Banjar, Minggu (16/2). radartasikmalaya.com

BANJAR – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, mengadakan pelatihan yang beranggotakan 50 nasabah binaan produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) Banjar dan Wanareja serta Membina Keluarga Ekonomi Sejahtera (Mekaar).

Salah satu aktivitas pembinaan yang dilakukan PNM yaitu melalui Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha dan Pengembangan Kelompok, berupa pembinaan klasterisasi usaha berbasis kelompok.

Dengan pendekatan kelompok diharapkan aktivitas pembinaan lebih efektif, mengingat adanya kesamaan jenis usaha.

Kota Banjar sebagai salah satu kota berkembang di Provinsi Jawa Barat. Di sektor industri, Pemerintah Kota Banjar terus mengupayakan eksistensi dan pertumbuhan industri kecil dan rumah tangga.

Sehingga mampu bersaing serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu UMK yang memiliki potensi untuk dikembangkan, baik melalui pelatihan maupun pendampingan adalah kelompok pengrajin gula merah di wilayah ULaMM Banjar dan Wanareja.

Pelatihan pun mulai diselenggarakan 13 Februari 2020 yang bekerja sama dengan Business Development Center (BDC) Pangandaran, Kadin Kota Banjar serta Dinas Koperasi UMKM Perindag Kota Banjar, Kepala Desa Rejasari.

Juga dihadiri oleh Pemimpin Cabang ULaMM Tasikmalaya, Luki Nurwendhi serta para pengrajin gula merah Nasabah ULaMM dan Nasabah Mekaar.

Tema yang diambil dalam pelatihan ini yakni “Penjaminan Mutu Produk Gula Kelapa”. Tema yang diangkat bertujuan untuk memberikan wawasan bagi pengrajin gula merah sebagai upaya pengembalian citra produk gula merah Kota Banjar menjadi baik kembali.

Kegiatan ini merupakan pelatihan terakhir serta Pengukuhan dari Program Pengembangan Kapasitas Usaha Klasterisasi Usaha Pelatihan dan Pendampingan Nasabah ULaMM Kelompok Sektoral Gula Merah. Sebelumnya, pelatihan pada sektor ini sudah berjalan tiga kali.

Para nasabah binaan sudah mendapatkan pelatihan pembukaan dan materi strategi bisnis dalam meningkatkan potensi usaha gula merah.

Pelatihan produksi gula merah yang baik dan sehat. Pengukuhan dan materi upaya pengembalian citra gula merah Kota Banjar menjadi baik kembali

Setelah masa pendampingan selesai, nasabah PNM diharapkan dapat menjadi produsen gula merah yang mempunyai produk yang berkualitas, unggul dan terampil serta dapat menghasilkan produk dengan skala yang lebih besar.

Ada pun target kegiatan Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) di Tahun 2020 PNM Cabang Tasikmalaya, di antaranya temu usaha nasabah unit sebanyak 6 kegiatan untuk 10 ULaMM di Wilayah Cabang Tasikmalaya.

Yaitu, ULaMM Cihideung, ULaMM Singaparna, ULaMM Manonjaya, ULaMM Pasarmanis Ciamis, ULaMM Kawali, ULaMM Banjar, ULaMM Wanareja, ULaMM Padeherang, ULaMM Parigi dan ULaMM Karangnunggal

Kemudian temu usaha nasabah Mekaar. Pelatihan sinergi nasabah Mekaar dengan nasabah ULaMM. Pengembangan kapasitas usaha reguler. Klasterisasi usaha dan klasterisasi bisnis ULaMM. (rls/cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.