PNS Bangga Gunakan Seragam Berpangkat

420

BANJAR – Surat Keputusan (SK) Wali Kota Banjar Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pakaian Dinas PNS di lingkungan pemerintah daerah mulai diterapkan. Perubahan yang paling mencolok pada pakian dinas mulai dari golongan IV E, yakni penambahan tanda pangkat di pundak layaknya pakaian dinas TNI, Polri.

“Saya menyambut baik aturan baru ini, terkait perlengkapan atribut seragam PNS. Bukan risih, tapi justru jadi kebanggaan tersendiri. Pangkat yang saya pakai ini setara mayor kalau di TNI. Kemarin saya ketemu teman yang menjadi anggota TNI pangkatnya mayor, dia (anggota TNI, Red) hormat sama saya katanya pangkat kita sama,” ucap Rudianto PNS di DPPKB Kota Banjar sambil tersenyum Selasa (9/10).

Penambahan atribut seragam ASN juga bisa menjadi pembeda antara seragam ASN dan tenaga honorer atau sukwan. “Kita bisa melihat perbedaan juga dari tanda pangkat, baik status maupun tupoksi dari masing-masing ASN. Tindak tanduk ucapan dan pelayanan terhadap masyarakat juga harus ditingkatkan karena nanti masyarakat bisa langsung mengetahui mana ASN, mana honorer,” katanya.

PNS lainnya Wariah Indrawati juga bangga dengan pemasangan tanda pangkat di seragamnya. “Iya ini kan sudah aturan yang harus dipenuhi. Menurut saya bagus juga kelihatan lebih gaya, lebih pede. Tidak merasa risih,” ungkapnya.

Meski demikian, beberapa PNS lainnya mengaku harus menyesuaikan pemasangan tanda pangkat. Sebab untuk awal mereka merasa belum biasa. “Bagus tapi belum terbiasa, jadi sedikit agak berat dan kadang ngaplek ke depan tanda pangkatnya, kain seragamnya kurang tebal,” kata Kasi Data dan Informasi BKPPD Kota Banjar Rony Septiadi.

Kabag Hukum Setda Kota Banjar Nurjanah menjelaskan penerapan SK itu dimulai 1 Okotober. Paling lambat hinggal 1 November seluruh PNS di Kota Banjar yang masuk kualifikasi penambahan atribut seragam PNS harus mengenakan tanda pangkat dan atribut tambahan lain.

Menurutnya, kini penerapan atribut tambahan itu masih bertahap. “Iya perwal sudah mulai diterapkan mulai Oktober. Sebelumnya, SK-nya sudah diedarkan ke seluruh OPD, kelurahan dan kecamatan,” ujar Nurjanah. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.