PNS Belum Terbiasa Fingerprint

67
0
ABSENSI. Alat Fingerprint yang digunakan Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk meningkatkan kedisiplinan PNS.

PANGANDARAN – Sejak pemberlakukan absensi fingerprint sekitar dua bulan lalu. Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran masih belum terbiasa menggunakan sistem tersebut.

Kepala Bidang Mutasi Pengembangan Karir dan Penilaian Kinerja Apratur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pangandaran Ganjar Nugraha mengatakan beberapa PNS masih lupa melakukan absensi saat pulang kerja.

”Ada juga yang telat untuk mengabsen pagi, jadi mereka belum terbiasa,” kata dia kepada Radar, Jumat (5/7).

Untuk jam masuk kerja PNS sendiri, tambah dia, di hari biasa yakni pukul 07.30, sementara hari Jumat masuk pukul 07.00. ”Masih ada saja yang telat setengah jam untuk mengabsen fingerprint, “ katanya.

Akibatnya, para PNS tersebut terkena sanksi pemotongan tunjangan secara otomatis. ”Saat dilakukan percobaan di enam SKPD, banyak PNS yang tunjanganya dipotong karena kedisiplinan mereka yang kurang dan itu terekam absensi fingerprint,” ucap dia menerangkan.

Namun, pihaknya yakin jika dipaksakan mengikuti sistem absensi fingerprint, maka tingkat kedisiplinan PNS Pangandaran akan meningkat. ”Apa lagi ada sanksi seperti itu, pasti mereka akan memperbaiki tingkat kedisiplinannya,” ungkap dia.

Selain itu, ada juga PNS yang sidik jarinya sudah tidak bisa lagi terbaca oleh mesin fingerprint, sehingga mereka kesulitan absen. ”Ini jadi bahan evaluasi kita, apakah nanti absensi mereka pakai sistem irisan mata atau bagaimana,” jelasnya.

Akan tetapi, sambuang dia, pihaknya akan terus melakukan uji coba absensi fingerprint tersebut. Meski harus ada beberapa perbaikan.

”Karena sebuah sistem itu tidak langsung sempurna, harus ada perbaikan-perbaikan dan pemeliharaan,” ucapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.