PNS di Kota Banjar Nyambi Jadi Kepala Desa

183
0
Loading...

BANJAR – Peristiwa ini mungkin dianggap langka dan terjadi di Kota Banjar. Betapa tidak, salah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Banjar mengambil keputusan menjadi seorang Kepala Desa Mekarharja, tentunya atas dorongan masyarakat.

Adalah, Hendi Sumantri SH I, staf di Setda Kota Banjar. Secara resmi dia dilantik oleh Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih di Aula Desa Mekarharja, Jumat (15/2), menjadi Kepala Desa Mekarharja pengganti antar waktu.

“Baru kali ini PNS di Kota Banjar atau se-Priatim jadi kepala desa,” ujar Wali Kota kepada wartawan.

Kasubag Tata wilayah Tata Pemerintahan Setda Kota Banjar, Aziz menambahkan, Hendi Sumantri adalah PNS golongan III/a pangkat penata muda di fungsional bagian umum Setda Kota Banjar.

“Gajinya sebagai PNS masih tetap dapat, karena yang bersangkutan tidak dapat penghasilan tetap (siltap) dari desa,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Hendi, pihaknya merasa berat mengambil keputusan ini lantaran masyarakat yang mendorong dirinya menjadi kepala desa antar waktu untuk mengisi kekosongan. Kepala desa sebelumnya mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

“Pilihan berat bagi saya tentunya, disatu sisi saya masih PNS dan disisi lain keinginan masyarakat menunjuk saya jadi kepala desa. Dan itu hasil musyawarah desa pilkades beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Loading...

Sehingga, kata dia, harus mengambil cuti dari PNS selama satu tahun dua bulan, sesuai masa jabatan Kepala Desa Mekarharja yang habis awal tahun 2020 mendatang.

“Mau bagaimana lagi, adanya dorongan dari masyarakat, kalau bukan saya siapa lagi. Demi mengabdi kepada masyarakat,” ungkapnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.