PNS Garut Kecewakan Bupati, Tunjangan Dinaikan IPM Malah Turun

292
0
H Rudy Gunawan

TAROGONG KIDUL – Bupati Garut H Rudy Gunawan mengaku kecewa dengan kinerja para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut. Hal itu karena Indeks Pembangunan Manusia (IPM) saat ini malah mengalami penurunan.

“Saya kecewa dengan kinerja para pejabat ASN. TKD (tunjangan kinerja daerah) pegawai saat ini sudah dinaikan, tetapi tidak sebanding dengan hasil kerjanya,” ujar Rudy kepada wartawan di Lapang Setda Garut Senin (24/2).

Baca juga : APBDes di Garut akan Dievaluasi Kecamatan

Menurut dia, kinerja ASN dinilai tidak memuaskan. “Capaian IPM ini bukannya naik, tetapi malah turun. Saya heran sekali dengan kinerja para pejabat dan ASN di Garut,” ujarnya.

Rudy mengaku usaha dalam menaikan IPM sudah semua cara dilakukan. Tetapi karena tidak ada kenaikan dari sektor kesehatan dan pendidikan, capaian IPM Garut tahun ini malah mengalami penurunan.

“Dua sektor itu (pendidikan dan kesehatan) sangat berpengaruh besar pada peningkatan IPM Garut,” katanya.

Tidak naiknya IPM sektor pendidikan, karena masih rendahnya produksi ijazah. Karena di beberapa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di beberapa daerah banyak yang tidak jalan. “PKBM harus diaktifkan kembali agar yang belum punya ijazah bisa kembali punya ijazah,” ucapnya.

Rudy juga merasa kecewa dengan masih rendahnya angka harapan hidup di Kabupaten Garut. Hal ini terlihat dari masih tingginya angka kematian ibu dan bayi.

Dia mendorong agar kinerja para kepala Puskesmas lebih ditingkatkan. “Ini tugasnya para kepala Puskesmas. Kinerja para kepala Puskesmas harus lebih ditingkatkan,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.