Pohon Mahoni Raksasa Tumbang Menutupi Jalan

21
Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya TUMBANG. Pohon mahoni di Jalan Raya Parigi - Cijulang Kabupaten Pangandaran tumbang karena kondisi yang sudah tua dan lapuk Rabu (28/11). Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

SIDAMULIH – Sebuah pohon mahoni besar di Jalan raya Parigi – Cijulang atau tepatnya di Dusun Cikangkung Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih tumbang hingga menutupi semua badan jalan. Akibatnya arus lalu lintas sempat macet.

Salah seorang warga sekitar ,Tedi (40) mengatakan pohon besar berdiameter sekitar 50 cm tumbang sekitar pukul 08. 00. Selain karena hujan besar, pohon tersebut diketahui sudah lapuk dan kondisi tanah yang labil. ”Pohon mahoni besar ini juga menimpa ruko yang ada didepan,” tuturnya kepada wartawan Rabu (28/11).

Arus lalu lintas sempat macet sejauh 5 km dan kendaraan mengantre hampir dua jam lamanya. ”Banyak kendaraan terpaksa mengambil jalan memutar, selama petugas memotong pohon tersebut,” terangnya.

Selain gergaji mesin, petugas dari DPKPB Kabupaten Pangandaran juga mengerahkan alat berat untuk mengangkut potongan pohon. ”Sekitar pukul 10.00 arus lalu lintas kembali normal, “ tuturnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja listrik sempat padam beberapa saat karena kabel tertimpa pohon.

Saksi lainya, Asep (47) menuturkan usia pohon tersebut sudah hampir 50 tahun lamanya. ”Ditanam oleh provinsi pada tahun 1968, jadi sudah sangat tua,” terangnya.

Ia khawatir pepohonan tua yang ada di sekitar jalan akan roboh dan membahayakan warga sekitar. ”Kepada siapa pun yang memiliki kewenangan, mohon untuk memperhatikan, jangan sampai membahayakan warga dan pengguna jalan,” terangnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.