Pohon Mahoni Tumbang, Jalan Macet

126
0
EVAKUASI. Anggota Tagana, TNI, kepolisian dan masyarakat mengevakuasi pohon mahoni yang tumbang di Jalan Raya Cihaurbeuti, Jumat (22/2).Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya

CIAMIS – Dua pohon mahoni tumbang di Jalan Raya Cihaurbeuti tepatnya di Desa Sukasetia Kecamatan Cihaurbeuti, Jumat (22/2) sekitar pukul 14.30. Akibatnya arus lalu lintas di jalur nasional itu macet.

Dani (45), warga Jalan Raya Cihaurbeuti menjelaskan dua pohon mahoni itu tumbang setelah disapu angin kencang saat hujan lebat. Untungnya ketika pohon itu roboh melintang ke jalan tidak ada pengendara yang tertimpa. Namun, setelahnya arus lalu lintas macet. “Jadi saat kendaraan mau lewat juga tidak bisa karena terhalang semua hingga dari kedua arah sempat macet total,” tutur pria yang melihat pohon itu tumbang ketika nongkrong di warung.

Untuk menanggulangi pohon tumbang itu, Dani bersama warga lainnya sempat berupaya memotong batang-batang pohon pakai golok. Namun, sangat sukar sekali. Akhirnya, pohon itu dipotong memakai gergaji mesin oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana). Setelah pohon itu digergaji, jalan mulai terbuka dan arus lalu lintas perlahan normal. “Sekitar setengah jam baru bisa dievakuasi dan kedua jalan lancar, baik dari Ciamis ke Bandung dan dari Bandung ke Ciamis lancar kembali,” ujar dia.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya menerangkan pohon tumbang itu dipotong memakai satu gergaji mesin. “Evakuasi pohon bisa berjalan cepat karena kami dibantu masyarakat, kepolisian dan TNI,” kata dia.

Selain itu, di Dusun Desa RT 01 RW 01 Desa Sukasetia juga ada rumah milik Engkos (45) dan Aip (50) yang rusak tertimpa pohon albasia. Tagana saat ini masih menelusuri titik-titik lain untuk mendata ada tidaknya rumah-rumah liannya yang rusak. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.