Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Banjar

131
0
TUMBANG. Petugas mengevakuasi pohon di Desa Mekarharja Kecamatan Purwaharja. Pohon itu tumbang saat hujan disertai angin. foto-foto: cecep herdi-anto sugiarto / radar tasikmalaya
TUMBANG. Petugas mengevakuasi pohon di Desa Mekarharja Kecamatan Purwaharja. Pohon itu tumbang saat hujan disertai angin. foto-foto: cecep herdi-anto sugiarto / radar tasikmalaya

BANJAR – Hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Banjar membuat sebuah pohon tumbang dan menimpa rumah warga sekitar pukul 14.00 Rabu (1/1). Peristiwa itu terjadi di Dusun Cibentang RT 22 RW 09 Desa Mekarharja Kecamatan Purwaharja.

Rumah warga yang tertimpa pohon jenis albasia diketahui milik Warsum (54). Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun pemilik rumah mengalami kerugial materil.

“Ini terjadi saat hujan deras disertai angin kencang. Pohon tersebut tumbang dan mengenai dapur rumah milik Warsum. Kerusakan hanya di bagian dapur, yakni genting-genting pecah dan sebuah jemuran pakaian rusak,” ujar Agung (40), ketua RW setempat.

Camat Purwaharja Wawan Hernawan mengimbau warga selalu waspada saat memasuki musim penghujan. Biasanya, kata dia, saat musim penghujan bencana yang sering terjadi yakni banjir, tanah longsor dan pohon tumbang. “Kami tengah patrol dan kami terjun langsung ke lokasi kejadian,” kata Wawan.

Sebelumnya pada Selasa malam (31/12), tebing kurang lebih 12 meter longsor di jalan nasional, tepatnya di Lingkungan Cipadung Kelurahan/Kecamatan Purwaharja. Saat itu, anggota BPBD Kota Banjar dibantu polisi, TNI, karang taruna dan tagana segera mengevakuasi material longsoran.

“Terjadi longsor setelah diguyur hujan sejak sore hingga malam,” ujar Kasi Darlog BPBD Kota Banjar Kuslan.

Dia mengatakan longsor diduga terjadi akibat struktur tanah yang kering setelah musim kemarau lalu datang hujan. Air masuk ke celah tanah yang retak, sehingga menyebabkan longsor.

“Alhamdulillah saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas karena saat longsor cuaca gerimis dan arus kendaraan tidak terlalu ramai,” ujarnya.

Sementara itu, Polres Banjar menyiagakan personel khusus untuk penanggulangan bencana alam. Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana SIK melalui Kasat Sabhara Kompol Maman B Jiji mengatakan apel kesiapan dilaksanakan untuk antisipasi bencana alam.

Selain apel, tim mepersiapkan peralatan sarana dan prasarana pendukung seperti peralatan, kendaraan truk 2 unit, 1 set perahu karet, 3 scop, 1 angkong. “Kami sudah siap dengan peralatannya,” ucap kasat. (cep/nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.