Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Pola Asuh Harus Ikuti Zaman

9
0
KOMPAK. Pengurus Komite SD Al Istiqomah kompak foto bersama usai menggelar Islamic Parenting, Sabtu (5/10). FATKHUR RIZQI/ RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Komite SD Al Istiqomah Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya menggelar Islamic Parenting untuk orang tua siswa, Sabtu (5/10). Kegiatan ini bertujuan memberikan tata cara pola asuh anak di era digitalisasi dalam pandangan Islam.

Ketua Komite SD Al Istiqomah Eka Nurjanah mengatakan, walaupun secara tidak langsung memberikan materi kepada anak-anak soal mata pelajaran. Peran komite pun ikut juga dalam mengambil bagian meningkatkan mutu pendidikan. Di antaranya mengadakan parenting dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan lewat orang tua siswa.

Kata dia, sebaik-baiknya kualitas sekolah dalam mengajarkan ilmu kepada siswa, tapi orang tuanya tidak mendukung akan kurang efektif. “Makanya dengan parenting ini, agar ibu selalu butuh ilmu untuk pendidikan rumah tangga itu. Ada baiknya mengadakan parenting dengan nuansa islami,” kata dia kepada Radar.

Eka menambahkan, diharapkan program ini dapat menarik perhatian dari orang tua siswa dengan memahami pola asuh di era milenial. “Karena  memang anak-anak sudah mengenal digital dan tidak bisa dilepas begitu saja, makanya harus mengontrol pemanfaatan digital yang lebih positif lagi bagi masa depan anak,” ujarnya.

Lanjut dia, orang tua harus mampu mengikuti perkembangan zaman dalam menerapkan pola asuh bagi anak-anaknya. “Jadi orang tua pun membutuhkan ilmu pengetahuan dalam memberikan pola asuh kepada anaknya,” ujarnya.

Perwakilan Persatuan Orang Tua Murid (POM) Kelas 2 SD Al Istiqomah Dina Royanti mengatakan, kegiatan ini sangat berguna sekali bagi orang tua dalam memberikan pendidikan atau pola asuh kepada anak-anaknya secara islami dan mengikuti perkembangan zaman.

“Anak saya sekarang sudah kenal gadget, makanya mengikuti parenting untuk mengetahui caranya mendidik anak yang sudah mengenal digital. Sehingga anak tidak menjadi kecanduan gadget,” ujarnya.

Menurutnya, pola asuh anak zaman sekarang dan dulu sangat berbeda. Maka dari itu, orang tua harus memiliki bekal pengetahuan yang luas dalam menghadapi era digitalisasi ini. “Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi saya, supaya bisa mendidik anak lebih baik lagi di zaman sekarang,” harapnya..

Kepala SD Al Istiqomah Noer Sofiyan JJ El Sundana AmdKeu SPdI menjelaskan, kegiatan ini sangat selaras dengan program sekolah yang mempunyai fondasi keteladanan, pembiasaan, hukuman dan hadiah serta nasihat.

“Penjabaran itu tidak bisa terealisasi menjadi fondasi yang ada di sekolah apabila tidak didukung oleh orang tua dan masyarakat. Karena dunia pendidikan ini mempunyai unsur sinergis,” ujarnya, menjelaskan.

Kata dia, kegiatan yang diinisiasi oleh komite ini akan memberikan suatu pendidikan kepada orang tua dalam mengasuh anak yang baik, sehingga akan sinergi antara sekolah dan orang tua ketika meningkatkan mutu pendidikan. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.