Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Pola Makan Salah Sebabkan Migrain

30
0
ilustrasi

JAKARTA – Migrain atau sakit kepala sebelah adalah jenis sakit kepala yang cukup sering terjadi. Penyebabnya bisa beragam, seperti pola makan yang salah atau mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Munculnya migrain bisa sangat menganggu produktivitas seseorang. Hingga detik ini, belum ada penelitian yang berhasil menemukan penyebab migrain. Namun, sakit kepala sebelah ini sering terjadi ketika seseorang dipercaya dapat memicu terjadinya migrain.

“Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor. Mulai dari stres, kebisingan, kelelahan, sindrom pramenstruasi (PMS), atau akibat konsumsi makanan tertentu,” ujar dr Nadia Octavia dari KlikDokter.

Jika Anda sering mengalami migrain, Anda perlu mencermati apa saja yang sering menyebabkan munculnya kondisi tersebut. Anda juga perlu mengetahui bahwa beberapa jenis makanan dan minuman juga bisa memicu migrain.

Pertama adalah alkohol. Dalam sebuah penelitian, efek memabukkan dari alkohol telah terbukti dalam menyebabkan migrain.

Ada banyak teori tentang ini, salah satunya adalah karena alkohol membuat dehidrasi. Alkohol juga memiliki bahan kimia tertentu yang tampaknya memicu sakit kepala sebelah ini.

Kedua, makanan mengandung MSG dan kafein. Minuman keras bukan satu-satunya penyebab. Ada juga bukti bahwa dua bahan makanan umum dapat memicu migrain, yaitu monosodium glutamat (MSG) dan kafein.

MSG sebagai bahan aditif banyak ditemukan dalam makanan olahan, makanan kemasan, serta makanan yang dijual di restoran.

MSG digunakan untuk meningkatkan rasa. Ada studi yang menunjukkan bahwa MSG dapat menyebabkan migrain pada 15 persen orang.

Sementara itu, kafein juga perlu diwaspadai. Menurut dr Nadia, kafein dalam dosis tertentu sebetulnya dapat membantu meredakan gejala migrain.

“Namun, batasi jumlah kafein maksimal 200 mg per hari atau setara dengan secangkir kopi,” ujar dr Nadia. Jika lebih dari itu, migrain justru bisa muncul.Makanan pedas juga bisa memicu migrain. Sebagian masyarakat tak bisa lepas dari makanan pedas. Namun, Anda yang punya keluhan migrain harus berhati-hati terhadap jenis makanan ini. (fajar)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.