Polda Tetapkan Empat Tersangka Korupsi Pengadaan Alkes Di RS Pameungpeuk Garut

222

TAROGONG KIDUL – Mantan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Kabid Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr AR diringkus Polda Jawa Barat Kamis (11/10).

Penangkapan aparatur sipil negara (ASN) yang kini menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang ini terkait dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) medis dan non medis di Rumah Sakit Pameungpeuk yang sumber dananya dari dana hibah Kemenkes RI tahun anggaran 2013.

Selain menangkap AS, polisi juga menetapkan mantan Kadinkes Garut tahun 2013 dr IF serta dua orang dari pihak ketiga pemenang tender yakni He dan Ni.

Direskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Samudi membenarkan penangkapan dan penahanan mantan pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Garut ini dalam kasus korupsi pengadaan alkes di RS Pameungpeuk tahun 2013.

“Iya benar dari kasus itu (pengadaan alkes). Ada empat orang yang sudah ditetapkan tersangka dan sudah tahan,” terangnya saat dihubungi wartawan di Garut Jumat sore (12/10).

Menurut dia, pengungkapan dugaan korupsi ini berawal dari adanya pengaduan masyarakat tahun 2014. Berdasarkan laporan itu, pihaknya kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengungkapnya.

Dari hasil keterangan para tersangka, kata dia, dalam pengadaan alat kesehatan medis dan non medis untuk RSUD Pameungpeuk ini, sistem lelangnya sudah diatur para pelaku. Nilai harga perkiraan sendiri (HPS) juga di-mark up.

“Dari hasil pemeriksaan BPK, kerugian negaranya diperkirakan sekitar Rp 4 miliar,” terangnya.

Saat ini, terang dia, para tersangka sudah ditahan, kecuali mantan kepala dinasnya, karena sakit.

“Untuk yang lainnya sudah ditahan, termasuk pihak ketiga. Dua orang ini (pihak ketiga) sudah ditahan di Rutan Sukamiskin dan Banceuy dalam kasus yang lain,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.