Polemik Rotasi Pejabat, BKPPD Kota Banjar Siap Beri Penjelasan

237
0
H Kaswad. Plt Kepala BKPPD Kota Banjar
H Kaswad. Plt Kepala BKPPD Kota Banjar

BANJAR – Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar H Kaswad akan menjelaskan terkait polemik rotasi mutasi dan promosi pejabat di lingkup Kota Banjar ke Komisi 1 DPRD Banjar.

“Nanti hari Senin kita ada hearing dengan Komisi I DPRD Banjar soal KUA PPAS tahun 2021. Nanti akan kita sampaikan juga tentang rotasi mutasi ke komisi I,” katanya Kamis (3/9).

Ketua Komisi I DPRD Kota Banjar Dalijo sebelumnya menyatakan akan mengklarifikasi soal polemik rotasi mutasi dan promosi pejabat ke BKPPD Banjar. Pasalnya sejauh ini pihaknya belum menerima laporan soal dugaan indikasi nepotisme yang kini ramai diperbincangkan di kalangan ASN dan masyarakat.

“Nanti pas rapat kerja akan saya tanyakan soal polemik ini, karena sejauh ini kami juga tidak mengetahui apa yang terjadi. Hanya mendengar saja diluaran bahwa persoalan ini sedang ramai menjadi perbincangan. Katanya ada sodara pejabat yang naik jabatan dan melangkahi seniornya,” kata Dalijo saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (2/8).

Baca juga : Soal Rotasi Pejabat, Komisi I DPRD Kota Banjar Akan Minta Penjelasan

Dosen Ilmu Hukum STAI Miftahul Huda Al Al Azhar Citangkolo Kukun Abdul Syakur menyoroti polemik rotasi mutasi dan promosi pejabat di lingkup Pemkot Banjar. Kata dia, satu hal yang mesti dijadikan landasan dalam penentuan kebijakan tersebut adalah aspek kebutuhan.

Dalam konteks ini, kata dia, kepala daerah seyogyanya mampu meyakinkan publik bahwa kebijakan yang dikeluarkannya benar-benar sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan kondisi saat itu. Adapun transparansi kebijakan menjadi modal dasar bagi siapa pun yang hendak mengeluarkan kebijakan, terutama yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

“Untuk itu indikator maupun parameter terkait urgensi rotasi dan mutasi pejabat sebaiknya dipublikasikan guna menghindari berbagai prasangka kurang baik. Seorang kepala daerah hendaknya mampu meyakinkan publik bahwa kebijakan yang dikeluarkannya benar-benar sesuai dengan kebutuhan di lapangan, bukan didasarkan atas kedekatan personal,” kata Ketua Peradi Kota Banjar tersebut. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.