Polisi Akan Selidiki Dukungan Palsu

176
0

TAROGONG KALER – Tim verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut telah menerima berkas dukungan dari tiga pasangan calon bupati / wakil bupati dari jalur perseorangan berupa KTP warga. Namun, hasil verifikasi faktual, terdapat beberapa warga yang mengaku tidak merasa menyerahkan KTP untuk mendukung calon perseorangan tersebut.
Polres Garut akan menyelidiki temuan dukungan yang diduga palsu itu. “Akan kita tindaklanjuti, apakah menyalahi aturan atau melanggar tindak pidana pemilihan,” kata Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna SIK kepada wartawan Jumat (5/1).
Budi mengatakan jajaran kepolisian akan memeriksa lebih lanjut untuk mengetahui bentuk pelanggarannya. Dia mengimbau masyarakat yang merasa dirugikan terkait pencatutan nama dukungan perseorangan untuk segera lapor polisi. “Silakan lapor kalau merasa dirugikan atau merasa keberatan,” katanya.
Budi menambahkan Polres Garut juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Garut terkait hak-hak pemilih. Juga, dalam penerbitan KTP. Dia menjelaskan tindak pidana murni dalam dokumen kependudukan yaitu memanipulasi data maupun dokumen negara untuk tujuan tertentu yang dapat merugikan orang lain.
“Pemalsuan dokumen negara, pemalsuan surat ijazah itu pidnaa umum. Tapi kalau dukunga, saya akan pelajari dulu,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.